Tahapan dan Proses Penyusutan Arsip Menurut Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan

- Selasa, 6 Desember 2022 | 14:30 WIB
Tahapan Dan Proses Penyusutan Arsip Menurut Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan (bkppd.tegalkota.go.id)
Tahapan Dan Proses Penyusutan Arsip Menurut Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan (bkppd.tegalkota.go.id)

ASPIRASIKU - Penyusutan arsip adalah tahapan akhir dari siklus hidup perjalanan arsip. Keberadaan arsip dimulai dari penciptaan, digunakan kemudian diakhiri dengan penyusutan.

Penyusutan arsip merupakan kegiatan mengurangi arsip dengan prosedur melalui pemindahan, penyerahan ke pihak lain dan pemusnahan, dengan melihat kurun waktu tertentu.

Penyusutan arsip adalah kegiatan pengurangan jumlah arsip dengan cara;

1. Pemindahan arsip inaktif dari unit pengolah ke unit kearsipan,
2. Pemusnahan arsip yang telah habis retensi dan yang tidak memiliki nilai guna dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan
3. Penyerahan arsip statis oleh pencipta arsip kepada lembaga kearsipan.

Baca Juga: Hingga Detik Ini, Arsip Peristiwa G30S PKI di ANRI Masih Tertutup Erat

Secara lebih detail berikut tahapan penyusutan :
Seleksi dan penilaian arsip merupakan kegiatan memilah dan menentukan nilai guna arsip, jangka simpan, dan nasib akhir arsip tersebut. apakah dimusnahkan atau menjadi arsip statis.

Pemindahan arsip adalah kegiatan memindahkan arsip dinamis aktif ke arsip dinamis inaktif dan dari arsip dinamis inaktif ke arsip statis.

Pemindahan arsip inaktif merupakan kegiatan memindahkan atau mentransfer arsip inaktif dari central file di unit-unit kerja (office area) ke pusat arsip di unit kearsipan (storage area).

Tujuannya untuk mengurangi penumpukan arsip agar arsip yang frekuensi penggunaannya masih tinggi atau sering digunakan dalam rangka pelaksanaan pekerjaan (arsip aktif) mudah ditemukan kembali apabila diperlukan.

Baca Juga: Pentingnya Arsip sebagai Sumber Penelitian: Hal-Hal yang Wajib Diketahui Mahasiswa Kearsipan,dan Perpustakaan 

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X