Arsip Sebagai Informasi Terekam: Asal Usul Kata Arsip, Definisi dan 7 Alasan Perlunya Merekam Informasi

- Minggu, 4 Desember 2022 | 16:41 WIB
Arsip Sebagai Informasi Terekam: Asal Usul Kata Arsip, Definisi dan 7 Alasan Perlunya Merekam Informasi (archives.gov)
Arsip Sebagai Informasi Terekam: Asal Usul Kata Arsip, Definisi dan 7 Alasan Perlunya Merekam Informasi (archives.gov)

ASPIRASIKU - Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal istilah arsip bahkan masing masing memiliki persepsi tersendiri mengenai arsip.

Sesungguhnya arsip memiliki makna yang lebih luas daripada pemahaman sehari-hari. Arsip dari segi fungsi terbagi dua, yaitu arsip dinamis dan arsip statis.

Arsip dinamis dalam bahasa Inggris dikenal sebagai record yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi arsip dinamis.

Arsip dinamis yang disimpan permanen karena alasan historis, administratif, ilmu pengetahuan, keuangan, hukum disebut arsip statis atau cukup disingkat arsip, dalam bahasa Inggris disebut archives dan dalam bahasa Belanda dikenal sebagai archief.

Pengelolaan arsip dinamis atau arsip dinamis dikenal sebagai manajemen arsip dinamis atau records management, sedangkan kegiatan yang sama untuk arsip statis atau arsip dikenal sebagai administrasi arsip atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai archives administration.

Baca Juga: Harga Mobil Bekas Honda Civic di tahun 2023 Siap Buat Anda Terbengang

Asal Usul Kata Arsip

Arsip yang kita kenal ini sebenarnya berasal dari kata Belanda archief yang bersumber pada kata Yunani archeion artinya gedung kota, kuno, atau archivum (bahasa Latin) artinya gedung.

Dari kata archivum muncullah kata archives (bahasa Inggris), archivio (Italia), archief (Belanda), archiv (Jerman), dan arsip (Indonesia).

Dari kata dasar arsip, berkembanglah kata imbuhan, seperti kearsipan, pengarsipan, arsiparis, dan ilmu kearsipan.

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: Modul BMP ASIP4101 Pengantar Ilmu Kearsipan dan Modul 1 Peng

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X