• Sabtu, 24 September 2022

Bolehkah Membayar Fidyah di Luar Ramadhan Setelah Lebaran, Bagaimana Cara Membayar dan Besaran Takarannya

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:45 WIB
Bolehkah Membayar Fidyah di Luar Ramadhan Setelah Lebaran, Bagaimana Cara Membayar dan Besaran Takarannya (Freepik.com/freepik)
Bolehkah Membayar Fidyah di Luar Ramadhan Setelah Lebaran, Bagaimana Cara Membayar dan Besaran Takarannya (Freepik.com/freepik)

ASPIRASIKU - Mungkin sampai saat ini masih ada yang suka mencari informasi penjelasan tentang bolehkah membayar fidyah di luar Ramadhan atau setelah lebaran.

Sebagaimana diketahui, lebaran dan Ramadhan telah berlalu. Bahkan Idul Adha pun sudah berlalu di tahun 2022 ini atau 1443 H.

Tentunya ada sebagian dari umat muslim yang belum bisa menyempurnakan puasanya. Karena sesuatu hal tentunya.

Baca Juga: Khutbah Jumat 19 Agustus 2022 tentang Kunci Utama Rezeki dan Didapatnya Ridha Allah SWT

Dari berbagai sumber yang Aspirasiku lansir, 'Fidyah' dalam bahasa Arab artinya bentuk masdar dari kata dasar 'Fadaa' yang memiliki arti yakni mengganti atau menebus.

Ada kategori yang wajib membayar fidyah puasa. Antaranya, orang tua renta, sakit parah, wanita hamil dan menyusui, orang mati dan orang yang mengakhiri qadha ramadhan.

Dijelaskan dalam laman Islam NU, ketika orang tua renta ini dimaksudkan, seseorang yang tidak sanggup lagi menjalankan puasa. Sehingga tidak terkena tuntutan berpuasa.

Baca Juga: Ikatan Cinta Malam Ini: Gara-gara Lelaki yang Tidak Disukai Reyna, Andin Hilang Kendali, Mentalnya Terganggu

Sehingga kewajibannya untuk berpuasa diganti dengan cara membayar fidyah satu mud makanan untuk setiap hari puasa yang ditinggalkan saat di bulan Ramadhan.

Halaman:

Editor: Yoga Pratama

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Amalkan Doa Ini di Hari Jumat, Pembuka Pintu Rezeki!

Kamis, 22 September 2022 | 20:15 WIB
X