• Senin, 27 Juni 2022

Kisah Umar bin Khattab saat Menjadi Khulafaur Rasyidin Kedua dari Ustadz Salim A. Fillah

- Selasa, 25 Januari 2022 | 23:45 WIB
Kisah Umar bin Khattab saat Menjadi Khulafaur Rasyidin Kedua dari Ustadz Salim A. Fillah. (unsplash.com/Ryan Cheng)
Kisah Umar bin Khattab saat Menjadi Khulafaur Rasyidin Kedua dari Ustadz Salim A. Fillah. (unsplash.com/Ryan Cheng)

ASPIRASIKU – Siapakah khalifah kedua pada masa Khulafaur Rasyidin? Dialah Umar bin Khattab, perdana menteri ketika masa kekhalifahan Abu Bakar Ash Shiddiq.

Khulafaur Rasyidin artinya para pemimpin yang sangat arif bijaksana atau kekhalifahan yang mengikuti jalan kenabian. Terdapat lima tokoh yang termasuk dalam golongan ini, yaitu Abu Bakar ash Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, dan Hasan bin Ali.

Kisah Umar bin Khattab ketika menjadi khalifah umat Islam pernah diceritakan oleh Ustadz Salim A. Fillah. Cerita tersebut disampaikan pada Kajian Safari Dakwah Kajian Muslimah Perth di Queens Park, Perth, Australia yang dilaksanakan pada Senin, 28 Agustus 2017.

Baca Juga: Angga: Siapa Bos Lo? Pak Irvan? Ikatan Cinta 26 Januari 2022

Umar bin Khattab mulai memimpin umat Islam pada tahun 12 Hijriyah. Dia dipilih oleh khalifah sebelumnya, Abu Bakar ash Shiddiq, dengan alasan Umar adalah orang terbaik untuk memimpin umat Islam kala itu, dia sering menyeimbangkan umat Islam.

Hasil kepemimpinan Umar bin Khattab selama 10 tahun di antaranya wilayah kaum muslimin meluas, kesejahteraan meningkat, dan kestabilan tercapai di akhir pemerintahan.

Jumlah negara dalam naungan pemerintahan Umar jika dihitung zaman sekarang sekitar 28 negara. Wilayah utara mencapai Palestina, di wilayah barat sampai ke Mesir, dan Persia di wilayah timur.

Baca Juga: Ikatan Cinta 26 Januari 2022: Tahu Nino Berhasil Akrabi Keysa, Ricky Lakukan Hal Ini Demi Untuk...

Ketika Baitul Maqdis/Palestina berhasil ditaklukkan, kunci Baitul Maqdis dibawa seorang pendeta. Ia mau menyerahkan kunci tersebut hanya kepada khalifah secara langsung. Jadi Umar bin Khattab datang ke sana bersama Aslab (budaknya) dengan satu unta. Mereka bergantian menaiki unta dan menuntunnya.

Halaman:

Editor: Adi Gunawan

Sumber: YouTube Pro-You Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puisi Tentang Kurban Hari Raya Idul Adha 1443 H

Sabtu, 25 Juni 2022 | 13:15 WIB
X