• Senin, 23 Mei 2022

Distorsi Sejarah Masuknya Islam di Nusantara? Ternyata Sudah Ada Sebelum Kerajaan Majapahit

- Selasa, 25 Januari 2022 | 14:15 WIB
Distorsi sejarah masuknya Islam ke Nusantara. (Tangkap Layar/Youtube Jejak Petunjuk)
Distorsi sejarah masuknya Islam ke Nusantara. (Tangkap Layar/Youtube Jejak Petunjuk)

ASPIRASIKU - Ada empat teori sejarah masuknya Islam di Nusantara. Namun pada umumnya para pakar percaya bahwa masuknya Islam yakni dengan teori Gujarat (India) di paruh abad ke-13.

Namun ada fakta lain mengungkapkan bahwa sejarah masuknya Islam di Nusantara yakni jauh sebelum dari abad ke-13, akan tetapi di abad ke-7. Kekeliruan ini lantas disebut dengan distorsi sejarah Islam masuk ke Nusantara.

Mari kita bahas bagaimana distori sejarah masuknya Islam di Nusantara yang tidak lain merupakan campur tangan dari pada orientalis barat.

Baca Juga: Sejarah dan Isu Penting yang Diangkat pada Peringatan Hari Pers Nasional 9 Februari 2022

Menelususri sejarah Islam di Nusantara bagai mengurai benang kusut. Bagaimana tidak, penulisan sejarah Islam di Indonesia selama ini masih didominasi oleh versi orientalis barat.

Entah disengaja atau tidak banyak distorsi dalam sejarah masuknya Islam di Nusantara. Apalagi sejarah menjadi tidak objektif karena sejarah ditulis oleh para penjajah demi kepentingan mereka. Dan disebarluaskan lewat kekuasaannya.

Para orientalis barat memalsukan sejarah Islam karena mereka paham betul bagaimana sejarah sangat berpengaruh bagi kemajuan umat manusia. Dari sejarah mereka palsukan seolah sumbangan negara barat lebih besar daripada Islam.

Baca Juga: Sejarah Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day, Diperingati Setiap Tanggal 4 Februari

"Sejarah ini sangat efektif sampai kemudian dijadikan sebagai metode di dalam penyampaian ideologi. Jadi semua jika mengajarkan ideologi pasti menggunakan instrumen sejarah. Jadi tidak ada satu ideologi yang tidak pakai sejarah. Sama seperti tidak ada satu agama pun yang tidak diajarkan menggunakan sejarah," kata Ustadz Tiar Anwar Bachtiar, seperti dikutip dari Pro-You Channel.

Halaman:

Editor: Adi Gunawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X