ASPIRASIKU – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) resmi menutup rangkaian acara BRI UMKM EXPO(RT) 2025 pada Minggu, 2 Februari 2025, di ICE BSD City.
Acara yang berlangsung sejak 30 Januari hingga 2 Februari 2025 ini berhasil menarik lebih dari 63 ribu pengunjung, mencatatkan transaksi Rp38,9 miliar, serta merealisasikan business matching dengan commitment deal senilai USD 90,6 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.
Pada closing ceremony yang mengusung tema “Broadening MSME’s Global Outreach”, Direktur Utama BRI Sunarso menegaskan bahwa inisiatif ini menjadi bukti nyata komitmen BRI dalam mendorong UMKM naik kelas dan bersaing di pasar global.
Acara ini dihadiri oleh Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, jajaran Direksi BRI, sejumlah buyers internasional, serta perwakilan 1.000 UMKM terbaik dari seluruh Indonesia.
Baca Juga: Pansus DPRD Lampung Tetap Lanjutkan Tugas Meski Kementan Tetapkan Harga Singkong
Capaian Melebihi Target
Sunarso mengungkapkan bahwa antusiasme masyarakat terus meningkat, tercermin dari jumlah pengunjung yang melebihi target awal 50 ribu orang.
Hingga 1 Februari 2025 (hari ke-3 penyelenggaraan), total transaksi telah mencapai Rp38,9 miliar, melampaui target Rp38 miliar dalam 4 hari.
Transaksi ini mencakup pembelian langsung di lokasi melalui EDC dan QRIS, serta transaksi online melalui platform e-commerce yang telah bekerja sama dengan BRI.
Dalam upaya memperluas akses pasar UMKM ke ranah internasional, BRI juga menyelenggarakan business matching, yang tahun ini berhasil merealisasikan commitment deal sebesar USD 90,6 juta, melampaui target USD 89,4 juta.
Ekspansi UMKM ke Pasar Global
Sebagai bagian dari strategi jangka panjang, BRI akan terus berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan RI untuk mengadakan sesi business matching dua kali dalam sebulan, guna membuka lebih banyak peluang bagi UMKM Indonesia di kancah global.
Tahun ini, 506 buyers dari 34 negara bergabung dalam event ini, jauh melampaui target awal 94 buyers dari 33 negara.