Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Akan Dimulai, Ini Jadwalnya

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 20:30 WIB
Ilustrasi anak Sekolah (Pixabay/Igor Ovsyannykov )
Ilustrasi anak Sekolah (Pixabay/Igor Ovsyannykov )

ASPIRASIKU - Proses pembelajaran tatap muka akan segeral dimulai. Diperkirakan jadwal pembelajaran ini akan dimulai September 2021 mendatang.

Akan tetapi proses pembelajaran di sekolah ini dilakukan terbatas. Bahkan proses pembelajaran tatap muka terbatas ini hanya dilakukan di wilayah yang dalam masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 sampai dengan 3.

Wacana digelarnya pembelajaran tatap muka terbatas ini disampaikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Baca Juga: Baru 1 Jam Info Kartu Prakerja Gelombang 19 Diunggah, Sudah Diserbu Puluhan Ribu Netizen

Pembelajaran tatap muka ini dilakukan guna mendukung orang tua dan sekolah yang tidak terpenuhi fasilitas memadai dalam proses belajar mengajar di rumah.

Sehingga pembelajaran tatap muka ini harus dilaksanakan segera untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan belajar pada siswa.

Pembelajaran tatap muka terbatas harus segera dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya learning loss, namun tentu harus memperhatikan kondisi lingkungan sesuai instruksi dari Presiden,” Kata Direktur Sekolah Dasar (SD) Kemendikbudristek, Sri Wahyuningsih dikutip Aspirasiku dari laman Kemendikbudristek 27 Agustus 2021.

Baca Juga: Tips Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 19

Dijelaskannya pembelajaran tatap muka terbatas ini nantinya akan dilaksanakan awal bulan September 2021.

Ada ketentuan yang harus diperhatikan baik sekolah maupun orang tua siswa dalam hal ini. Proses pembelajaran di sekolah nantinya akan dilakukan pembatasan jumlah peserta didik dalam satu kelas.

“Maksimal mereka di sekolah selama dua sampai tiga jam saja,” kata Sri, sementara sisanya disampaikannya akan terbagi sistem shift.

Baca Juga: Ini Waktu Penyaluran Kuota Gratis 2,3 Triliun Untuk PAUD, SD, Mahasiswa, Guru dan Dosen

Dalam mendukung program pembelajaran tatap muka berjalan lancar sesuai protokol kesehatan, pihak Kemendikbudristek akan berkolaborasi dengan dinas pendidikan daerah.

Ini berkaitan kesiapan sekolah dalam melakukan pembelajaran tatap muka terbatas. Demikian juga layanan kesehatan setempat yang juga ikut memantau bagaimana perkembangan terkonfirmasi covid-19 di wilayahnya.

Halaman:

Editor: Yoga Pratama

Sumber: Kemendikbudristek

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X