ASPIRASIKU - Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) terus mendorong transformasi digital melalui inovasi teknologi dengan mengembangkan aplikasi berbasis website bernama SIDEK-ERP (Sistem Debit Kredit Enterprise Resource Planning).
Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah pelaporan keuangan sekaligus membantu integrasi perencanaan sumber daya perusahaan, khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Fitri Amalia, Ph.D., Koordinator PKSI UGM, menjelaskan bahwa SIDEK-ERP menawarkan solusi menyeluruh melalui berbagai modul penting seperti akuntansi, keuangan, penjualan, persediaan, dan pembelian.
Baca Juga: Berapa Uang Pensiun Dini PNS? Ini Hitungan dan Penjelasannya
“SIDEK-ERP dirancang untuk memudahkan analisis data keuangan, meminimalisir risiko kesalahan pencatatan, memudahkan pembukuan, serta membantu penyusunan laporan keuangan secara mudah, cepat, dan andal,” ujar Fitri dalam International Conference of Community Engagement and Exhibition 2024 di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) UGM, Selasa (10/12).
Dampak Positif bagi Masyarakat
SIDEK-ERP telah diperkenalkan sejak 2023 dan kini memiliki hampir 1.000 pengguna dari berbagai latar belakang, termasuk UMKM, siswa SMK, dan mahasiswa.
“Saat ini SIDEK-ERP telah digunakan oleh 984 pengguna dengan rincian 328 UMKM, 600 mahasiswa, dan 56 siswa SMK,” ungkap Fitri, yang juga Dosen Departemen Akuntansi FEB UGM.
Baca Juga: 9 Kekhawatiran Banyak Orang Menghadapi Masa Pensiun, Nomor 2 dan 5 Bisa Diantisipasi Saat Ini
Program ini dikembangkan sebagai bagian dari pengabdian masyarakat FEB UGM untuk mendorong digitalisasi dan efisiensi operasional UMKM di Indonesia.
Dengan sistem ini, UMKM dapat lebih mudah menyusun laporan keuangan, memantau stok barang, hingga mengelola arus kas secara menyeluruh.
Fitur dan Keunggulan Modul SIDEK-ERP
SIDEK-ERP hadir dengan berbagai modul yang terintegrasi:
Baca Juga: 20 Soal Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 dan Kunci Jawaban