• Rabu, 17 Agustus 2022

Cara Lapor Pajak Online Semudah Ini, Kamu Hanya Perlu Melakukan Langkah-langkah Sederhana Berikut

- Kamis, 13 Januari 2022 | 16:15 WIB
ILUSTRASI Cara Lapor Pajak Online (Pixabay/Firmbee)
ILUSTRASI Cara Lapor Pajak Online (Pixabay/Firmbee)

ASPIRASIKU - Bagi masyarakat, baik orang pribadi atau badan, sebagai wajib pajak sejak 1 Januari sudah disibukan dengan kewajiban pelaporan SPT.

SPT adalah surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak penghasilan (PPh) setiap tahunnya. Tentu yang termudah cara lapor pajak adalah dengan cara online.

Lalu bagaimana cara lapor pajak online? Dan siapa saja yang wajib lapor pajak?

Baca Juga: Sejarah Hari Kusta Sedunia, Mengapa World Leprosy Day Diperingati pada Minggu Terakhir Januari?

Dikutip Aspirasiku dari laman pajak.go.id, wajib pajak adalah orang pribadi atau badan, meliputi pembayar pajak, pemotong pajak, dan pemungut pajak, yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.

Artinya, setiap warga negara yang memiliki penghasilan dan dirinya sudah terdaftar sebagai wajib pajak, maka akan ditandai dengan kepemilikan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Sehingga, para wajib pajak tersebut sudah diharuskan membuat laporan atau melaporkan  (SPT) pajak penghasilannya setiap tahun.

Baca Juga: Chord Gitar Lagu Jikalau Kau Cinta – Judika dari Kunci C : Jangan Sampai Hingga Waktu Perpisahan Tiba

Diketahui pelaporan SPT tahunan PPh ini dilaporkan sejak awal tahun berganti, yakni 1 Januari. Sementara untuk batas akhir lapor pajak adalah 31 Maret di setiap tahunnya.

Halaman:

Editor: Yoga Pratama

Sumber: pajak.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X