• Rabu, 26 Januari 2022

Tema dan Pesan Kunci Hari Kusta Sedunia 30 Januari 2022 serta Pesan dari WHO

- Kamis, 13 Januari 2022 | 15:00 WIB
Tema dan Pesan Kunci Hari Kusta Sedunia 30 Januari 2022 serta Pesan dari WHO. (who.int dan cdc.gov)
Tema dan Pesan Kunci Hari Kusta Sedunia 30 Januari 2022 serta Pesan dari WHO. (who.int dan cdc.gov)

ASPIRASIKU – Hari Minggu terkahir di bulan Januari setiap tahun diperingati sebgai Hari Kusta Sedunia atau World Leprosy Day. Pada tahun ini, hari tersebut bertepatan dengan tanggal 30 Januari 2022.

Hari Kusta Sedunia diperingati sejak tahun 1954 oleh lembaga kemanusiaan Prancis Raoul Folllereu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit kusta atau disebut juga penyakit Hansen.

Meskipun Hari Kusta Sedunia sudah diperingati sejak 68 tahun yang lalu, tetapi peringatan ini terus berlangsung setiap tahunnya. Salah satu alasan kuatnya adalah banyaknya kasus penyakit kusta di dunia.

Baca Juga: Chord Gitar Lagu Tak Akan Terganti – Marcell dari Kunci Dasar D : Meski Waktu Datang dan Berlalu

Menurut data World Health Organization (WHO)/ Organisasi Kesehatan Dunia, terdapat lebih dari 200.000 kasus baru penyakit kusta yang terlapor pada tahun 2019.

Hampir 15.000 anak kecil yang terkena penyakit kusta didiagnosa lebih dari 40 dalam sehari. Diperkirakan 2–3 juta orang di dunia hidup dengan disabilitas karena penyakit kusta.

Tema Hari Kusta Sedunia 2022

Hari Kusta Sedunia merupakan sebuah kesempatan untuk merayakan orang yang sembuh dari kusta, meningkatkan kesadaran akan penyakit kusta, dan menyerukan diakhirinya stigma dan diskriminasi terkait kusta.

Tema untuk Hari Kusta Sedunia 2022 adalah “United for Dignity” yang artinya “Bersatu untuk Martabat”. Maksud dari tema ini adalah sebuah kampanye menyerukan persatuan dalam menghormati martabat orang yang pernah mengalami kusta.

Halaman:

Editor: Adi Gunawan

Sumber: who.int dan cdc.gov

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X