ASPIRASIKU - Apakah perbedaan yang paling mendasar antara KKM dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran?
Penjelasan terkait apakah perbedaan yang paling mendasar antara KKM dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajara ini menarik untuk dipahami.
Perbedaan yang paling mendasar antara KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah sebagai berikut:
Baca Juga: Bolehkah Sholat Isya Diakhir Waktu Sekalian Sholat Tahajud? Simak Penjelasan Buya Yahya
1. Fokus dan Ruang Lingkup:
- KKM biasanya menetapkan batas minimum yang harus dicapai oleh siswa untuk lulus atau mencapai tingkat tertentu dalam suatu mata pelajaran.
KKM ini sering kali ditetapkan oleh kurikulum nasional atau lokal dan bersifat umum untuk semua siswa.
- Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran lebih spesifik dan terkait langsung dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan untuk suatu kegiatan belajar.
Tujuan pembelajaran ini mungkin berbeda-beda untuk setiap kegiatan atau materi pembelajaran.
2. Pengukuran:
- KKM sering kali diukur dengan ujian akhir, tes standar, atau penilaian lainnya yang bersifat menyeluruh dan dapat diterapkan secara konsisten kepada semua siswa.
- Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat diukur melalui berbagai cara, termasuk penugasan, proyek, tes formatif, observasi, atau portofolio siswa.
Baca Juga: Damri Mataram ke Terminal Empang, Sumbawa NTB, Ini Harga Tiket dan Jadwal Keberangkatan Busnya
Pengukuran ini lebih terfokus pada pencapaian tujuan pembelajaran spesifik dalam konteks pembelajaran yang sedang berlangsung.