ASPIRASIKU - Hal yang dapat dilakukan tenaga pendidik jika mendapati kegagalan peserta didik mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran karena kurang mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat capaian peserta didik adalah…
Jika seorang tenaga pendidik mendapati bahwa peserta didik mengalami kegagalan dalam mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran karena kurang mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat capaian peserta didik, ada beberapa langkah yang dapat diambil:
1. Analisis Penyebab: Tenaga pendidik perlu melakukan analisis mendalam untuk memahami penyebab kegagalan tersebut.
Baca Juga: Bolehkah Sholat Isya Diakhir Waktu Sekalian Sholat Tahajud? Simak Penjelasan Buya Yahya
Ini bisa meliputi evaluasi apakah tujuan pembelajaran telah disusun dengan mempertimbangkan tahap perkembangan peserta didik, sejauh mana penyampaian materi sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan mereka, dan faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi ketercapaian tujuan pembelajaran.
2. Revisi Tujuan Pembelajaran:
Jika diperlukan, tenaga pendidik dapat merevisi tujuan pembelajaran untuk lebih sesuai dengan tahap perkembangan dan tingkat capaian peserta didik.
Baca Juga: 8 Contoh Pertukaran Budaya Antar Negara, Ini yang Termasuk dalam Kegiatannya
Tujuan pembelajaran yang direvisi haruslah realistis dan dapat dicapai oleh peserta didik dengan bimbingan yang tepat.
3. Penyesuaian Metode Pengajaran: Tenaga pendidik perlu menyesuaikan metode pengajaran mereka agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
Ini mungkin melibatkan penggunaan pendekatan yang berbeda, penggunaan bahan ajar yang lebih relevan, atau penggunaan teknik pengajaran yang lebih interaktif atau visual.
Baca Juga: Damri Mataram ke Terminal Empang, Sumbawa NTB, Ini Harga Tiket dan Jadwal Keberangkatan Busnya
4. Dukungan Individual: Memberikan dukungan individual kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Ini bisa berupa bimbingan ekstra, penjelasan tambahan, atau penyediaan sumber daya tambahan sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta didik.