Pak Robin Mendapati Ada Peserta Didik yang Kesulitan Saat Mencapai Tujuan Pembelajaran yang Ditentukan Karena Bentuk Asesmen yang Tidak Reliabel

photo author
- Rabu, 3 Januari 2024 | 09:34 WIB
Pak Robin mendapati ada peserta didik yang kesulitan saat mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan karena bentuk asesmen yang tidak reliabel. Hal yang dapat Pak Robin lakukan adalah… (unsplash.com/@husniatisalma)
Pak Robin mendapati ada peserta didik yang kesulitan saat mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan karena bentuk asesmen yang tidak reliabel. Hal yang dapat Pak Robin lakukan adalah… (unsplash.com/@husniatisalma)

ASPIRASIKU - Pak Robin mendapati ada peserta didik yang kesulitan saat mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan karena bentuk asesmen yang tidak reliabel. Hal yang dapat Pak Robin lakukan adalah…

Dijelaskan tentang Pak Robin yang mendapati ada peserta didik yang kesulitan mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan karena bentuk asesmen yang tidak reliabel.

Hal yang dapat dilakukan Pak Robin lakukan untuk mengatasi kesulitan peserta didik apa saja?

Baca Juga: Pemahaman Baru Apa yang Anda Dapatkan Setelah Mempelajari Pendekatan CRT? Critical Race Theory Dijelaskan...

Untuk mengatasi kesulitan peserta didik yang mungkin disebabkan oleh bentuk asesmen yang tidak reliabel, Pak Robin dapat melakukan beberapa tindakan sebagai berikut:

1. Review Kembali Desain Asesmen

Periksa kembali desain asesmen yang digunakan. Pastikan pertanyaan dan tugas yang diberikan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Mungkin terdapat ketidakjelasan atau kebingungan yang dapat diperbaiki dengan merinci instruksi atau memberikan contoh lebih banyak.

Baca Juga: Contoh Refleksi Pembelajaran, Gambaran Pengalaman Belajar yang Telah Diberikan

2. Variasi Bentuk Asesmen:

Berikan variasi dalam bentuk asesmen. Beberapa peserta didik mungkin lebih baik menunjukkan pemahaman mereka melalui proyek, sementara yang lain lebih baik dengan ujian tertulis.

Dengan memberikan variasi, Anda memberikan kesempatan kepada berbagai gaya belajar untuk bersinar.

3. Klarifikasi Kriteria Penilaian:

Pastikan kriteria penilaian dijelaskan dengan jelas kepada peserta didik. Mereka harus tahu persis apa yang dinilai dan bagaimana penilaian dilakukan.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Yoga Pratama

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X