ASPIRASIKU - Bagaimana peran guru dalam mengembangkan kurikulum menggunakan UbD dalam proses pembelajarannya, berikanlah contoh proses penggunaan UbD saat guru melakukan proses pengembangan kurikulum di kelas.
Inilah salah satu pertanyaan yang akan dihadapi mahasiswa PPG Prajabatan, tentang peran guru dan kurikulum yang menggunakan Understanding by Design atau UbD.
Jadi, contoh yang akan didapatkan seperti, bagaimana peran guru dalam mengembangkan kurikulum menggunakan UbD dalam proses pembelajarannya?
Lalu, mahasiswa juga diminta untuk berikan contoh proses penggunaan UbD saat guru melakukan proses pengembangan kurikulum di kelas.
Adapun jawaban yang bisa menjelaskan dari berbagai pertanyaan di atas, adalah sebagai berikut:
Peran guru dalam mengembangkan kurikulum menggunakan pendekatan Understanding by Design (UbD) sangat penting.
Guru berperan sebagai perancang pembelajaran yang mendalam dan bermakna, memastikan bahwa siswa tidak hanya mengingat fakta, tetapi juga memahami konsep secara menyeluruh.
Berikut adalah contoh proses penggunaan UbD oleh seorang guru dalam mengembangkan kurikulum di kelas:
Langkah 1: Identifikasi Tujuan Pembelajaran
Guru mulai dengan mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang mendalam dan relevan.
Contohnya, jika tujuan adalah memahami dampak perubahan iklim, guru akan merinci apa yang diharapkan siswa pahami dan kuasai.