Setelah Anda memahami tentang backward design dalam UbD, tentulah ditemukan sebuah pola yang berbeda dari yang

photo author
- Rabu, 8 November 2023 | 07:45 WIB
Setelah Anda memahami tentang backward design dalam UbD, tentulah ditemukan sebuah pola yang berbeda dari yang selama ini dilaksanakan dalam pembelajaran. Untuk itu analisis apa perbandingan dari implementasi kurikulum menggunakan UbD dengan model pengembangan kurikulum lainnya (Tyler, Taba, Oliva). (freepik.com)
Setelah Anda memahami tentang backward design dalam UbD, tentulah ditemukan sebuah pola yang berbeda dari yang selama ini dilaksanakan dalam pembelajaran. Untuk itu analisis apa perbandingan dari implementasi kurikulum menggunakan UbD dengan model pengembangan kurikulum lainnya (Tyler, Taba, Oliva). (freepik.com)

ASPIRASIKU - Setelah Anda memahami tentang backward design dalam UbD, tentulah ditemukan sebuah pola yang berbeda dari yang selama ini dilaksanakan dalam pembelajaran.

Untuk itu analisis apa perbandingan dari implementasi kurikulum menggunakan UbD dengan model pengembangan kurikulum lainnya (Tyler, Taba, Oliva). Tunjukkan dalam bentuk tabel!

Inilah UTS yang keluar dalam PPG Prajabatan, pembahasannya soal UbD dan pola pembelajaran, termasuk menggunakan UbD dengan model pengembangan kurikulum.

Baca Juga: Bagaimana UbD Diimplementasikan dalam Pembelajaran? Ini Langkah Umum yang Dilakukan

Setelah memahami tentang backward design dalam UbD, tentulah ditemukan sebuah pola yang berbeda dari yang selama ini dilaksanakan dalam pembelajaran.

Untuk itu analisis apa perbandingan dari implementasi kurikulum menggunakan UbD dengan model pengembangan kurikulum lainnya (Tyler, Taba, Oliva). Tunjukkan dalam bentuk tabel!

Dalam analisis perbandingan antara UbD (Understanding by Design) dengan beberapa model pengembangan kurikulum lainnya seperti Tyler, Taba, dan Oliva, kita dapat mengidentifikasi perbedaan utama dalam pendekatan dan fokus masing-masing model.

Baca Juga: Penilaian dan evaluasi dalam UbD memiliki enam aspek yang masing-masing akan menjadi bahasan dalam setiap...

Berikut adalah perbandingan dalam bentuk tabel:

Aspek Understanding by Design (UbD) Ralph Tyler's Model Hilda Taba's Model Alan P. Oliva's Model
Fokus Utama Pemahaman Konsep Tujuan dan Hasil Proses Pembelajaran Isi Kurikulum
Proses Perancangan Perancangan Mundur (Backward Design) Perancangan Maju (Forward Design) Perancangan Maju (Forward Design) Perancangan Mundur (Backward Design)
Tujuan Pembelajaran Mengutamakan pemahaman konsep utama dan penerapan. Mengidentifikasi tujuan, pernyataan tujuan, dan hasil yang diharapkan. Mengidentifikasi tujuan, aktivitas, dan strategi pembelajaran. Mengidentifikasi materi, topik, dan struktur kurikulum.
Pengorganisasian Materi Materi diajarkan berdasarkan pemahaman konsep inti. Materi diajarkan sesuai dengan urutan atau rencana pembelajaran. Materi diajarkan sesuai dengan rencana pembelajaran yang melibatkan aktivitas. Materi diajarkan berdasarkan kurikulum yang sudah ada.
Penilaian Pembelajaran Penilaian berfokus pada pemahaman dan aplikasi konsep. Penilaian berfokus pada tujuan dan hasil yang diidentifikasi. Penilaian berfokus pada aktivitas dan proses pembelajaran. Penilaian berfokus pada materi dan topik yang diajarkan.
Fleksibilitas Mengakui perlu adanya penyesuaian rencana pembelajaran berdasarkan pemahaman siswa. Kurang fleksibel dalam perubahan karena fokus pada pencapaian tujuan. Lebih fleksibel dalam merancang aktivitas pembelajaran. Kurang fleksibel karena mengikuti struktur kurikulum yang ada.
Pengajaran Guru Guru berperan sebagai desainer pembelajaran dan fasilitator pemahaman. Guru berperan sebagai pengajar yang menyampaikan materi sesuai urutan. Guru berperan dalam merancang aktivitas pembelajaran. Guru berperan dalam mengikuti struktur kurikulum yang ada.
Penekanan Pada Hasil Pemahaman dan aplikasi konsep sebagai prioritas utama. Pencapaian tujuan sebagai prioritas utama. Proses pembelajaran sebagai prioritas utama. Penyajian materi sebagai prioritas utama.

Baca Juga: 3 Menurut Anda Keunikan Apa yang Dimiliki oleh UbD dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran?

Tabel di atas mencerminkan perbedaan utama antara UbD dan model pengembangan kurikulum lainnya, seperti model Ralph Tyler, Hilda Taba, dan Alan P. Oliva.

UbD menekankan pemahaman konsep sebagai fokus utama, sementara model lainnya mungkin lebih fokus pada tujuan, rencana pembelajaran, atau isi kurikulum.

Selain itu, UbD menggunakan pendekatan perancangan mundur, yang berbeda dari perancangan maju yang umumnya digunakan dalam model-model lainnya.

Baca Juga: Waduh, Angka Pengangguran di Lampung Mencapai 4,23 Persen, Lulusan SMA dan SMK Paling Banyak Nganggur

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Yoga Pratama

Sumber: Tim Pendidikan Aspirasiku

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X