BOGOR, ASPIRASIKU – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menanggapi fenomena di tengah masyarakat terkait lebih cepatnya respons pemadam kebakaran (Damkar) dibanding kepolisian saat menerima laporan.
Menurutnya, Polri kini tengah berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, termasuk mempercepat penanganan laporan masyarakat.
Hal itu disampaikan dalam Apel Kasatwil di Satuan Latihan Brimob, Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Senin, 24 November 2025.
Sempurnakan Layanan 110 untuk Respons Cepat
Listyo mengungkapkan bahwa layanan hotline 110 milik Polri sedang disempurnakan agar setiap laporan yang masuk dapat segera ditindaklanjuti.
“Saya kira dengan layanan 110 tadi yang nanti akan kita sempurnakan, harapan kita setiap laporan yang masuk bisa direspons cepat,” ujarnya.
Ia menambahkan, perbaikan sistem dilakukan agar masyarakat tidak lagi kecewa saat membutuhkan layanan polisi.
“Cukup dengan memencet 110 sehingga ini yang sekarang sedang kita lakukan perbaikan sehingga kemudian masyarakat yang melaporkan tidak kecewa,” imbuhnya.
Kapolri berharap, optimalisasi hotline tersebut dapat mempercepat penanganan berbagai kebutuhan layanan masyarakat terkait kepolisian.
Pengawasan Propam Lewat Barcode
Selain memperbaiki respons layanan, Polri juga memperkuat pengawasan terhadap kinerja anggotanya.
Listyo menyampaikan bahwa Divisi Propam kini telah menyebarkan barcode pengaduan di berbagai fasilitas publik.