Habbie, UMKM Asal Yogyakarta Sukses Torehkan Prestasi Bersama BRI, 2,5 Juta Minyak Telon ke Panggung Ekspor

photo author
- Sabtu, 5 April 2025 | 09:40 WIB
BRI Dorong UMKM Naik Kelas, Habbie Tembus Rekor MURI dan Top 20 BRILiaN 2024 (Dok. BRI)
BRI Dorong UMKM Naik Kelas, Habbie Tembus Rekor MURI dan Top 20 BRILiaN 2024 (Dok. BRI)

ASPIRASIKU — Komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dalam memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kembali membuahkan hasil.

Salah satu kisah sukses datang dari Habbie, merek minyak telon asal Yogyakarta yang berhasil tumbuh bersama BRI sejak 2019.

Mengusung inovasi dalam produk tradisional, Habbie hadir dengan ragam aroma modern dan telah mencatatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai brand minyak telon dengan varian aroma terbanyak di dunia.

Tak hanya itu, Habbie juga masuk dalam jajaran Top 20 Finalis Pengusaha Muda BRILiaN 2024—program unggulan BRI untuk mencetak pengusaha muda yang tangguh dan berdaya saing global.

Baca Juga: BHW Scholarship, Beasiswa Bergengsi untuk Perempuan yang Siap Kuasai Dunia STEM!

“Sejak berdiri, kami telah menjual lebih dari 2,5 juta botol. Di ajang BRI UMKM EXPO(RT) 2025, penjualan kami meningkat signifikan, mencatat ratusan botol terjual dengan omset belasan juta rupiah,” ujar Novita, pendiri Habbie.

Produk Habbie dipasarkan dengan harga terjangkau, mulai dari Rp27.000 untuk Telon Roll On 10ml hingga Rp65.000 untuk Minyak Kayu Putih 100ml.

Inovasi tak berhenti di situ, Habbie juga meluncurkan produk perawatan rambut untuk ibu dan bayi, serta Sakura Origin—parfum terinspirasi aroma Telon Sakura yang dibanderol Rp149.000 untuk ukuran 50ml.

Partisipasi Habbie dalam BRI UMKM EXPO(RT) 2025 diawali dari proses kurasi yang ketat. Bagi Novita, pengalaman ini bukan hanya mendongkrak penjualan, tetapi juga memperluas jaringan bisnis.

Baca Juga: BRI Raih Penghargaan Bergengsi di The Asset Triple A Awards for Sustainable Finance 2025

“Kami masih fokus memperkuat pasar lokal dan memperluas jaringan toko offline. Meski ekspansi global menjadi bagian dari proyeksi, potensi pasar dalam negeri masih sangat besar,” ungkapnya.

Novita berharap BRI terus melanjutkan dukungannya terhadap UMKM melalui pelatihan dan program eksibisi seperti ini.

“Dampaknya sangat terasa bagi kami. Semoga BRI terus mempertahankan penyelenggaraan BRI UMKM EXPO(RT) yang sangat membantu pelaku UMKM menjangkau pasar yang lebih luas.”

Sebagai informasi, gelaran BRI UMKM EXPO(RT) 2025 yang berlangsung pada 30 Januari–2 Februari 2025 di ICE BSD City mencatat kesuksesan besar.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Yoga Pratama Aspirasiku

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X