ASPIRASIKU - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) kembali mencatat pencapaian gemilang dengan meningkatnya nilai merek (brand value) dalam laporan Brand Finance Global 500 tahun 2025.
BRI menjadi perusahaan dengan brand value tertinggi di Indonesia dan menempati peringkat ke-323 dari 500 perusahaan dengan nilai merek paling berharga di dunia.
Laporan tersebut mencatat peningkatan signifikan dari posisi ke-446 pada tahun 2024 ke peringkat ke-323 di tahun ini.
Capaian ini menempatkan BRI di atas sejumlah merek global ternama seperti Prudential, Manulife, Credit Agricole, Yahoo! Group, Jeep, Pfizer, Nokia, dan Prada.
Baca Juga: PT Persero Batam Buka Lowongan Kerja, CEK Daftar Posisinya
Dalam daftar tersebut, hanya terdapat dua perusahaan asal Indonesia yang berhasil masuk, dengan BRI menempati posisi tertinggi.
Chairman & CEO Brand Finance, David Haigh, dalam laporannya menegaskan bahwa merek yang dikelola dengan baik mampu menciptakan nilai yang terukur, membedakan perusahaan dalam persaingan pasar, serta meningkatkan loyalitas pelanggan.
“Lebih dari itu, merek yang kuat juga mendorong akuisisi talenta, meningkatkan kepercayaan investor, dan membangun resiliensi di masa ketidakpastian,” ujarnya.
Riset ini dilakukan terhadap lebih dari 175.000 responden di 31 negara untuk mengukur tingkat kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap berbagai merek.
Baca Juga: Baju Lebaran Identik dengan Warna Apa? Ternyata Ada Maknanya, Berikut Penjelasannya...
Direktur Utama BRI, Sunarso, mengungkapkan kebanggaan dan rasa syukur atas pencapaian ini yang mencerminkan kekuatan merek serta kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan BRI.
“Peningkatan brand value BRI dari tahun ke tahun dan menjadi yang terbaik di Indonesia merupakan bukti nyata dari komitmen BRI dalam memberikan kinerja finansial terbaik, layanan unggulan, serta memperkuat inklusi keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat,” jelas Sunarso.
Ia juga menegaskan bahwa BRI akan terus bertransformasi agar dapat beradaptasi dengan perubahan zaman.
“Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh insan BRI dalam menjalankan strategi bisnis yang berorientasi pada pertumbuhan berkelanjutan, serta dukungan penuh dari nasabah, terutama pelaku UMKM, pemegang saham, dan seluruh pemangku kepentingan. Kami percaya bahwa merek yang kuat bukan hanya soal aspek finansial, tetapi juga dampak positif yang diberikan kepada masyarakat,” pungkasnya.