ASPIRASIKU - Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus memperkuat komitmennya dalam pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui berbagai inisiatif strategis.
Salah satu program unggulannya adalah Bazaar UMKM BRILiaN, yang kembali digelar di Area Taman BRI, Jakarta, pada Jumat (18/10/2024).
Kegiatan Bazaar UMKM BRILiaN ini bertujuan memperluas pasar dan meningkatkan penjualan produk UMKM.
Baca Juga: BRI Raih Dua Penghargaan di The Asian Post Awards 2024
Acara yang digelar perusahaan BUMN ini diikuti oleh delapan pelaku UMKM yang merupakan bagian dari Klaster Usaha binaan BRI dan Program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).
Beberapa produk unggulan yang dipamerkan antara lain Keripik Pisang dari Desa Kelawi, Lampung, Salak Jaya Lestari dari Sumatera Utara, Keripik Ubi Jalar dari Kalimantan Barat, hingga Mangga Ngetos dari Jawa Timur.
Senior Executive Vice President (SEVP) Ultra Mikro BRI, Muhammad Candra Utama, menekankan pentingnya ajang ini dalam mendorong penjualan serta memperluas jangkauan pasar produk-produk UMKM.
Baca Juga: Presiden Prabowo Bentuk Badan Pengelola Investasi Danantara, Dipimpin Muliaman Hadad
"Bazaar UMKM BRILiaN ini merupakan kegiatan rutin sejak 2021, dan kali ini para pelaku usaha membawa produk unggulan daerah masing-masing," kata dia.
"Ini adalah wadah promosi agar produk UMKM bisa lebih dikenal dan meningkatkan pendapatan mereka," ujarnya.
Selain sebagai sarana promosi, Bazaar UMKM BRILiaN juga menjadi platform edukasi finansial.
Baca Juga: BRI Dukung UMKM Indonesia Go Global di Pameran Amazing Indonesia di Jeddah
Melalui peran relationship manager segmen mikro, atau Mantri BRI, kegiatan ini juga berfokus pada peningkatan literasi dan inklusi keuangan.
Mantri BRI membantu pelaku usaha untuk naik kelas, dengan memberikan pendampingan bisnis serta menjadi financial advisor bagi UMKM binaannya.