ASPIRASIKU - Pada peringatan hari jadinya yang ke-128 tahun, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) memperkuat komitmennya.
Salah satu komitmennya untuk membardayakan dan mendampingi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar dapat berkembang hingga menembus pasar internasional.
Melalui program flagship tahunan, BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, bank tersebut telah menciptakan platform untuk memfasilitasi business matching antara UMKM Indonesia dan konsumen luar negeri.
Baca Juga: Program Pemberdayaan BRI Buat Klaster Perajin Paras Taro di Desa Taro, Bali Berkembang
Direktur Utama BRI, Sunarso, menyatakan bahwa bank tersebut tidak hanya berperan sebagai intermediasi semata.
"BRI ingin memberdayakan dan menaikkelas kan UMKM melalui berbagai inovasi, salah satunya melalui program BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR yang telah hadir sejak 2019," ujarnya.
BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi sarana penting untuk business matching, memungkinkan UMKM Indonesia menjalin kemitraan dengan konsumen di luar negeri.
Baca Juga: Contoh Narasi Raport TK Kurikulum 2013 Semester 1 Jika Belum Berubah ke Kurikulum Merdeka
Program ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pelaku UMKM dan meningkatkan ekspor nasional.
Sunarso menyampaikan bahwa nilai kesepakatan melalui business matching di ajang ini terus mengalami peningkatan.
Pada 2019, nilai mencapai US$33,5 juta, meningkat pada 2020 menjadi US$57,5 juta, dan pada 2021 kembali naik menjadi US$72,1 juta.
Baca Juga: Contoh PENGISIAN Raport PAUD Narasi Semester 1, Referensi Guru Tulis Catatan Siswa
Meskipun dilakukan secara virtual pada tahun 2021 karena pandemi, BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tetap berhasil mencapai nilai kontrak sebesar US$76,7 juta.
Tahun ini, BRI menargetkan nilai kontrak mencapai US$80 juta.