ASPIRASIKU - Bertransaksi semakin nyaman bagi nasabah, seiring dengan langkah inovatif Bank BRI dalam meluncurkan BRIFrens, sebuah portal kustodian berbasis web.
Transformasi kustodian ke arah digital menjadi fokus, memungkinkan interaksi yang efektif dan sesuai regulasi bagi nasabah dengan mudah berinteraksi dengan layanan bank.
BRIFrens, sistem depan Kustodian BRI, menjadi titik akses langsung bagi nasabah, memastikan transaksi yang nyaman dan aman. Ini adalah langkah nyata Bank BRI dalam mewujudkan komitmen transformasi digital layanan perbankan di Indonesia.
Achmad Royadi, SEVP Treasury & Global Services, menyampaikan, “BRI senantiasa meningkatkan layanan perbankannya, khususnya terkait digitalisasi bisnis proses untuk layanan jasa kustodian.”
Dia menambahkan, “Kami harapkan pemegang surat berharga dapat lebih cepat dan mudah dalam mengakses layanan jasa Kustodian BRI melalui BRIFrens. Saat awal pendaftaran nasabah dapat mengatur sendiri kewenangan untuk user maker, checker, dan signer serta dikelola sendiri oleh pihak nasabah,” ujarnya.
Proses instruksi transaksi tidak lagi memerlukan surat fisik. Pengguna cukup mengunggah data di BRIFrens, verifikasi dilakukan oleh checker, dan persetujuan oleh signer. Dalam hal keamanan, BRIFrens dilengkapi dengan otentikasi dua faktor menggunakan OTP melalui email signer. Laporan portofolio juga dapat diunduh langsung dari BRIFrens, memastikan keamanan informasi.
BRIFrens menawarkan berbagai kemudahan seperti situs web yang ramah pengguna, pengiriman instruksi transaksi yang praktis melalui mekanisme unggah, akses mudah ke transaksi yang terkait, serta laporan-laporan terkait portofolio seperti valuasi, transaksi, bunga, dan invoice. Fitur pemantauan portofolio dan aktivitas terkait Corporate Action juga tersedia.
Baca Juga: Adakah Hubungan Antara Rantai Makanan dengan Aliran Energi, Jelaskan?
Layanan BRIFrens dapat diakses melalui https://brifrens.bri.co.id dan terintegrasi dengan aplikasi layanan nasabah korporasi terpadu BRI, Qlola. Hal ini memudahkan nasabah korporasi untuk mengakses produk dan layanan BRI dengan satu kali log in (Single Sign On).
Hingga Agustus 2023, aset kelolaan Bank Kustodian BRI telah mencapai Rp1000 triliun. Peningkatan ini didukung oleh kerjasama baru dan pertumbuhan aset dari nasabah yang sudah ada.
Angka ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dibandingkan dengan posisi aset kelolaan Bank Kustodian BRI pada Desember 2022, yakni Rp555 triliun. Ini mencerminkan ketahanan pasar modal Indonesia yang kuat dan pertumbuhan positif di tengah ketidakpastian ekonomi global.***