ASPIRASIKU – Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja 2024 Tahap 2 sudah dimulai.
Mari segera mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi PPPK 2024 Tahap 2, termasuk bagi yang melamar jabatan Pengadministrasi Perkantoran.
Salah satu persiapan untuk lulus jabatan Pengadministrasi Perkantoran dengan berlatih soal materi PPPK 2024.
Baca Juga: PT Pesona Khatulistiwa Nusantara Buka Lowongan Kerja, Penempatan di Kaltara, Yuk Ditinjau!
Dilansir dari channel Youtube @infoasnterupdate, soal PPPK 2024 jabatan Pengadministrasi Perkantoran meliputi materi Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, dan Wawancara.
Soal PPPK 2024 jabatan Pengadministrasi Perkantoran terdiri dari 20 soal dan dilengkapi dengan jawaban dan pembahasan.
Berikut ini adalah soal PPPK 2024 jabatan Pengadministrasi Perkantoran, dan jawaban dan pembahasan.
Baca Juga: Jalur SM IUP UNNES Gelombang 2 Dibuka, CEK Persyaratan Hingga Berkas Pendaftarannya
Soal Kompetensi Teknis:
1. Sita adalah seorang pengadministrasi perkantoran di Dinas Kesehatan. Sistem persuratan sudah menggunakan serba digital. Dalam sistem naskah dinas elektronik (NDE), bagaimana cara Stia sebagai pengadministrasi perkantoran mengirim surat keluar secara resmi?
A. menggunakan tanda tangan elekronik pejabat yang berwenang
B. mengirim surat melalui aplikasi perpesanan pribadi
C. menggunggah surat ke website instansi tanpa enkripsi
D. menyertakan salinan fisik ke semua penerima meskipun dikirim elektronik
E. mencetak surat dan mengirimnya secara manual
Jawaban: A
Pembahasan: Dalam sistem naskah dinas elektronik (NDE), surat resmi dikirim dengan menggunakan tanda tangan elektronik pejabat berwenang agar sah dan dapat diverifikasi keasliannya. Pemerintah sudah membuat sebuah website mengenai arsip dan persuratan yang disebut dengan SRIKANDI (Sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi. SRIKANDI adalah aplikasi umum PERTAMA yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis.
2. Apa perbedaan utama antara Surat Pengantar dan Surat Pemberitahuan dalam administrasi perkantoran pemerintah?