JAWABAN! Pemahaman Baru Apa yang Anda Dapatkan Setelah Mempelajari Prinsip Understanding by Design dalam Merancang Pembelajaran dan Asesmen?

photo author
- Selasa, 27 Februari 2024 | 09:30 WIB
Pemahaman Baru Apa yang Anda Dapatkan Setelah Mempelajari Prinsip Understanding by Design dalam Merancang Pembelajaran dan Asesmen? (Freepik.com)
Pemahaman Baru Apa yang Anda Dapatkan Setelah Mempelajari Prinsip Understanding by Design dalam Merancang Pembelajaran dan Asesmen? (Freepik.com)

ASPIRASIKU - Berikut ini dijelaskan tentang pemahaman baru apa yang anda dapatkan setelah mempelajari prinsip understanding by design dalam merancang pembelajaran dan asesmen?

Dalam penjelasan berikut akan dipahami pemahaman baru apa yang anda dapatkan setelah mempelajari prinsip understanding by design dalam merancang pembelajaran dan asesmen?

Pemahaman baru yang didapat setelah mempelajari prinsip Understanding by Design (UbD) dalam merancang pembelajaran dan asesmen termasuk:

Baca Juga: Cara Merancang Pembelajaran dengan Prinsip UbD, 7 Prinsip Ini Harus Dipahami

1. Fokus pada Pemahaman Mendalam: UbD menekankan pentingnya siswa memahami konsep secara mendalam, bukan sekadar mengingat fakta atau informasi.

Ini menggeser fokus dari apa yang diajarkan (kurikulum) menjadi apa yang dipahami oleh siswa.

2. Pembelajaran Berpusat pada Siswa: Pendekatan UbD menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran.

Baca Juga: Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari prinsip Understanding by Design dalam merancang pembelajaran dan asesmen?

Desain pembelajaran difokuskan pada kebutuhan, minat, dan kemampuan siswa untuk memastikan mereka benar-benar memahami materi.

3. Perencanaan Mundur: Salah satu prinsip kunci UbD adalah perencanaan mundur, yang berarti merancang pembelajaran dengan memulai dari tujuan pembelajaran yang diinginkan dan kemudian merencanakan aktivitas dan asesmen yang mendukung pencapaian tujuan tersebut.

4. Asesmen Otentik: UbD mendorong penggunaan asesmen otentik yang mencerminkan situasi nyata di mana siswa harus menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari.

Baca Juga: Manfaat Asesmen Awal Bagi Guru dan Siswa, Masing-masing 5 Manfaat

Ini membantu memastikan bahwa hasil asesmen mencerminkan pemahaman yang sebenarnya dari siswa.

5. Keterlibatan Aktif: UbD mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, seperti penyelidikan, eksplorasi, dan penerapan konsep dalam konteks yang bermakna bagi mereka.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Yoga Pratama

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X