Apa yang Membedakan Kerangka UbD dengan Model Pengembangan Kurikulum Lainnya?

photo author
- Jumat, 2 Februari 2024 | 10:30 WIB
Apa yang Membedakan Kerangka UbD dengan Model Pengembangan Kurikulum Lainnya (Alexandra_Koch dari Pixabay)
Apa yang Membedakan Kerangka UbD dengan Model Pengembangan Kurikulum Lainnya (Alexandra_Koch dari Pixabay)

ASPIRASIKU - Apa yang membedakan kerangka UbD dengan model pengembangan kurikulum lainnya?

Kerangka UBD (Understanding by Design) merupakan suatu model pengembangan kurikulum yang memiliki beberapa perbedaan kunci dengan model pengembangan kurikulum lainnya.

Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara Kerangka UBD dengan model pengembangan kurikulum lainnya:

Baca Juga: Sebesar Ini Gaji Terbaru PNS di Klaten, Jawa Tengah Berdasarkan PP Nomor 5 Tahun 2024

1. Desain Mundur (Backward Design):

Kerangka UBD menggunakan pendekatan desain mundur, yang berarti proses pengembangan kurikulum dimulai dengan menentukan tujuan pembelajaran yang diinginkan terlebih dahulu.

Kemudian merancang kegiatan pembelajaran yang mendukung pencapaian tujuan tersebut.

Pendekatan ini berfokus pada hasil pembelajaran yang diinginkan.

Baca Juga: Sebesar Ini Gaji Terbaru PNS di Klaten, Jawa Tengah Berdasarkan PP Nomor 5 Tahun 2024

2. Fokus pada Pemahaman Mendalam (Understanding):

Kerangka UBD menekankan pengembangan pemahaman mendalam terhadap materi pelajaran.

Hal ini mencakup pemahaman konsep, prinsip, dan keterampilan yang lebih kompleks, bukan sekadar menghafal fakta.

3. Penilaian Autentik:

UBD mendorong penggunaan penilaian autentik, yang mencerminkan situasi dunia nyata dan mengukur pemahaman yang sebenarnya.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Yoga Pratama

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X