ASPIRASIKU - Di era digital, Generasi Z semakin mengandalkan media sosial dan platform digital untuk mencari referensi liburan.
Mulai dari TikTok, Instagram, hingga YouTube, semua menjadi sumber ide perjalanan, baik dari destinasi, itinerary, hingga rekomendasi influencer favorit mereka.
Lebih Suka Budget-Friendly, tapi Tetap Maksimal
Meski dikenal suka berpetualang, Gen Z ternyata cukup realistis soal biaya.
Baca Juga: KPK Geledah Rumah dan Kantor Kemenag Terkait Dugaan Korupsi Kuota Haji 2024 Senilai Rp1 Triliun
Studi terbaru mengungkap, 82 persen wisatawan Gen Z memprioritaskan keterjangkauan saat memesan perjalanan, dibandingkan 77 persen generasi milenial.
Meski begitu, mereka tetap memastikan pengalaman liburan yang didapat tetap maksimal.
Peduli Lingkungan dan Pariwisata Berkelanjutan
Penelitian global 2020 menunjukkan 56 persen Gen Z memilih destinasi dengan praktik lingkungan yang kuat dan dekat dengan alam.
Mulai dari pariwisata bebas plastik, konservasi satwa liar, hingga ekowisata kini menjadi pilihan utama mereka.
Baca Juga: Tompi Resmi Keluar dari WAMI, Soroti Polemik Perhitungan Royalti LMK
Dipengaruhi Media Sosial dan Influencer
Rata-rata, Gen Z menghabiskan 2 jam 43 menit per hari di media sosial.
Sebanyak 84 persen dari mereka mengaku menggunakan platform tersebut untuk mencari inspirasi perjalanan dan berbagi pengalaman liburan secara daring.