• Kamis, 7 Juli 2022

Hadirnya Ultra Mikro BRI Bantu Petani Bangkit dari Jeratan Rentenir

- Minggu, 8 Mei 2022 | 14:28 WIB
Pembiayaan Ultra Mikro selamatkan petani dari jeratan rentenir. (Dok. BRI)
Pembiayaan Ultra Mikro selamatkan petani dari jeratan rentenir. (Dok. BRI)

ASPIRASIKU - Tidak sedikit pembiayaan ultra mikro (UMi) dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dapat membantu masyarakat. Salah satunya seperti salah seorang petani yang berhasil keluar dari jeratan rentenir.

Leni Marlia (32) kini sudah bernafas lega dan dapat melanjutkan hidup yang lebih baik usai jeratan rentenir di sepanjang tahun 2020-2021 berkat ultra mikro (UMi) dari BRI.

Leni merupakan seorang pedagang sekaligus petani asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang merasakan langsung hadirnya ultra mikro (UMi) dari BRI.

Baca Juga: Contoh Soal TPS Pengetahuan Kuantitatif UTBK SBMPTN 2022 Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan

Sebelumnya, Leni mendapat cobaan suaminya meninggal dunia. Usahanya berjualan pakaian pun dan panennya juga meredup di tengah kondisi pandemi.

Selama ini, ungkapnya, untuk modal berjualan pakaian dan bertani sering kali memanfaatkan kredit dari rentenir. Maka, ketika ekonominya jatuh, pelunasan utang Leni kepada rentenir tersendat.

Leni yang tinggal di Kampung Bayur, Desa Lemahduhur, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang, itu pun merasa tercekik dengan bunga pinjaman yang semakin membengkak.

Baca Juga: Sinopsis Our Blues Episode 10: Luka Lama Berhasil Pulih, Tapi Dong Seok dan Seon Ah Tak Bisa Bersatu?

“Sudah bertahun-tahun kalau pinjam uang buat modal usaha tani, saya pinjam ke rentenir. Jumlahnya Rp1 juta jadi Rp1,3 juta.

Ketika lagi sulit bunganya membengkak,” ungkap Leni.

Halaman:

Editor: Adi Gunawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X