ASPIRASIKU - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk naik kelas dan menembus pasar global.
Komitmen ini diwujudkan melalui penyelenggaraan BRI UMKM EXPO(RT) 2025, ajang pameran akbar yang mempertemukan 1.000 UMKM binaan BRI terpilih dengan pasar nasional hingga internasional.
Salah satu UMKM binaan BRI yang turut berpartisipasi adalah SWR, produsen pengharum ruangan asal Jakarta yang berhasil masuk dalam kategori Healthcare & Wellness.
Baca Juga: BRI Imbau Nasabah Waspada Smishing, Modus Penipuan Berbasis SMS
Kehadiran SWR menjadi bukti nyata bagaimana BRI mendorong pengusaha UMKM untuk terus berinovasi dan memperluas pasar.
Kisah Sukses SWR: Dari Cuci Mobil ke Pengharum Ruangan
Pemilik SWR, Deddy Suwardi, membagikan perjalanan usahanya yang terinspirasi dari bisnis cuci mobil hingga akhirnya mengembangkan produk wewangian yang kini menjadi andalan SWR.
"Saya mengerjakan sendiri seluruh proses produksi, mulai dari mencari bahan baku hingga melakukan uji coba. Produk reed diffuser ini memang membutuhkan waktu dalam proses pengembangannya," ujarnya.
Baca Juga: Kepala Desa Wunut Viral! Bagikan THR Rp457 Juta untuk 2.289 Warga Meski Pendapatan Wisata Menurun
Dengan dedikasi tinggi, SWR berhasil mencatatkan omzet bersih bulanan hingga belasan juta rupiah.
Deddy menegaskan bahwa keikutsertaannya dalam pameran ini menjadi momentum strategis untuk memperluas pasar sekaligus mendorong rencana ekspansi bisnisnya ke tingkat global.
"Rencana ekspor pada 2026, target saya produk ini dapat masuk ke seluruh store dan dipasarkan melalui pameran seperti BRI UMKM EXPO(RT), karena strategi pemasaran saya memang melalui pameran," kata dia.
"Selain itu, selama pameran, eksposur di media online juga ikut meningkat," tambah Deddy.
Baca Juga: Menko Pemberdayaan Masyarakat RI Apresiasi Komitmen BRI dalam Program Pemberdayaan Desa BRILiaN