ASPIRASIKU - Di Indonesia TikTok Shop dan Shopee menjadi pemimpin dalam tren live shopping, meskipun fitur tersebut juga tersedia di platform e-commerce lainnya. Mari kita kenali strategi dan potensi penjualan yang dimiliki oleh keduanya.
Live shopping telah menjadi tren yang sedang populer akhir-akhir ini. Bukan hanya penjual biasa, bahkan artis pun mulai menjual produk melalui live streaming.
Live streaming menjadi formula baru di era digital karena dapat memberikan pengalaman interaksi secara real-time, mirip dengan tatap muka. Selain itu, pembeli juga diberikan opsi untuk mencoba produk secara virtual.
Baca Juga: Ayo! Dampingi Sang Buah Hati Anda dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Dijamin Pasti Seru
Menurut survei Jakpat, sekitar 83% masyarakat Indonesia pernah menonton live shopping, memberikan potensi penjualan yang signifikan bagi berbagai jenis usaha.
TikTok dan Shopee adalah dua platform yang saat ini banyak digunakan untuk live shopping. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Namun, untuk penjual, platform mana yang lebih cocok?
Dalam perbandingan antara TikTok dan Shopee dalam live shopping, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan.
Baca Juga: Pengguna Shopee Banyak yang Beralih ke TikTok Shop Karena Hal Ini
Pertama, fitur yang ditawarkan kepada penjual. TikTok Shop menawarkan pajak yang lebih murah (4%) dibandingkan Shopee (5%).
Selain itu, TikTok Shop sudah terintegrasi dengan platform TikTok, sehingga memudahkan para pembeli.
Dalam hal ini, TikTok Shop memberikan peluang yang lebih besar, terutama di Indonesia yang memiliki pengguna yang banyak.
Baca Juga: Hasil Final Wimbledon 2023: Petenis Carlos Alcaraz Jadi Juara Gentlemen’s Singles
Shopee juga memberikan fleksibilitas dalam opsi pembayaran, seperti cash on delivery, dan fitur pemasaran yang lebih bebas.
Dalam hal jumlah pengguna, TikTok telah mengalami perkembangan pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.