ASPIRASIKU - Dunia kuliner terus berkembang dan menghadirkan berbagai inovasi. Salah satu yang sedang naik daun adalah konsep food truck.
Awalnya tren ini populer di luar negeri, tapi kini mulai banyak ditemui di berbagai sudut kota di Indonesia.
Mulai dari taman kota, acara festival, hingga halaman perkantoran, food truck jadi pemandangan yang akrab dan menarik perhatian.
Menurut dapurdia.id bukan cuma untuk gaya-gayaan, food truck nyatanya menawarkan solusi bisnis yang cukup menjanjikan.
Fleksibel, hemat biaya, dan punya daya tarik visual yang tinggi.
Tak heran kalau kini food truck tak hanya digeluti pelaku usaha kecil, tapi juga brand besar yang ingin menyapa pasar dengan cara yang lebih segar.
Bagi pelaku UMKM, membuka bisnis food truck bisa menjadi jalan keluar dari keterbatasan modal untuk sewa tempat tetap.
Baca Juga: Usulan Pensiun ASN hingga 70 Tahun Dinilai Tak Tepat Waktu, Bebani APBN dan Hambat Regenerasi
Dengan hanya bermodal kendaraan yang dimodifikasi, pelaku usaha bisa menjangkau banyak lokasi dan konsumen berbeda setiap harinya.
Inilah keunggulan utama dari food truck: mobilitas tinggi.
Selain itu, food truck memberi kesan kekinian dan dekat dengan anak muda. Produk yang dijual pun jadi lebih mudah viral karena tampilannya yang instagramable.
Banyak pelaku UMKM memanfaatkan hal ini untuk memperluas jangkauan brand mereka tanpa perlu membuka cabang atau toko fisik.