ASPIRASIKU – Perkembangan teknologi di era digital memunculkan banyak profesi baru, salah satunya content creator.
Melalui profesi ini, content creator berperan penting dalam menyampaikan informasi edukatif dan hiburan di berbagai platform media digital.
Untuk mendukung peningkatan kualitas dan profesionalitas para kreator konten, Promedia Teknologi Indonesia (PTI) bersama Bank BRI mengadakan acara bertajuk Content Creator Laboratorium (Corelab) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Diponegoro (Undip), Semarang.
Mengusung tema “BRI JOURNALISM Jurnalisme Berkualitas dan Berkelanjutan,” acara ini mendapat dukungan dari Bank BRI, PT Pertamina, Bank Bjb, Advernative, dan Props.
Seminar ini terbagi dalam dua sesi utama: sesi pertama membahas perkembangan Business Owner by Content Creator dan teknik SEO untuk penulis, sedangkan sesi kedua menyoroti peran sosial media dalam membentuk ketajaman informasi.
Content Creator sebagai Jalan Baru Menuju Kemandirian Ekonomi
CEO Promedia, Agus Sulistriyono atau yang akrab disapa Sulis, memaparkan bahwa perkembangan bisnis digital memungkinkan seseorang untuk menjadi pelaku usaha mandiri melalui konten.
Menurutnya, kegiatan membuat konten bisa menjadi jalan untuk meraih kemandirian ekonomi, terutama di era teknologi yang semakin maju.
"Bagi yang sudah berpengalaman, mereka bisa bergabung dengan kami sebagai mediapreneur, yaitu pengusaha media,” ujar Sulis.
Ia juga mengungkapkan adanya program contentpreneur bagi kreator yang memiliki bakat dan keahlian dalam bidang konten.
Baca Juga: Klaster Usaha Manggis Bhuana Sari Bangun Masa Depan Bersama BRI melalui Bazaar UMKM BRILiaN
Sulis menambahkan bahwa kolaborasi yang tepat menjadi kunci bagi kreator konten untuk mendapatkan penghasilan yang lebih stabil.