ASPIRASIKU – Bagaimana cara menemukan kata-kata dengan cepat dalam suatu dokumen Microsoft Word?
Cukup dengan klik “ctrl + F” dan ketik kata yang kamu cari, maka kata tersebut akan langsung muncul.
Namun, bagaimana kamu mencari kata dengan cepat dalam buku? Buku tidak memiliki fitur ctrl+F seperti pada Microsoft Word.
Mencari kata dengan cepat dalam buku bisa kamu lakukan dengan membuka halaman “Indeks”. Lihat di halaman berapa saja kata-kata yang kamu cari.
Indeks adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam sebuah buku disertai letak halaman kata tersebut. Biasanya, Indeks berada di halaman akhir buku setelah Glosarium.
Baca Juga: Simak, Ini 4 Tahapan Pemberian BSU November 2021 Ini
Indeks yang baik, memiliki daftar kata dari yang diawali huruf A–Z. Dengan Indeks, kita dengan mudah menemukan di halaman mana saja kata-kata yang kita cari.
Lantas bagaimana cara membuat Indeks di Microsoft Word?
Membuat Indeks di Microsoft Word dapat dilakukan secara otomatis. Jika tidak, maka kita akan kehabisan waktu untuk mencari dan mendata halaman setap kata yang akan kita masukkan ke dalam Indeks.
Berikut Aspirasiku berikan langkah-langkah untuk membuat Indeks secara otomatis di Microsoft Word.
Baca Juga: Tips Memilih Kado untuk Hari Ayah 12 November 2021 : Sederhana, Murah Tapi Berkesan
1. Buka dokumen yang akan kamu buat Indeksnya di Microsoft Word.
2. Pastikan dokumen sudah selesai dibuat. Lebih baik apabila membuat Indeks terlebih dahulu kemudian baru membuat Daftar Isi, Daftar Gambar, dan Daftar Tabel.
3. Buatlah daftar kata-kata yang penting yang perlu dimasukkan ke dalam Indeks. Kata-kata tersebut dapat berupa kata kunci maupun istilah-istilah penting yang sering disebutkan dalam buku.
4. Buatlah halaman Indeks di paling belakang dokumen, atau sebelum “Tentang Penulis” jika ada.