Dalam merancang pembelajaran menggunakan prinsip UbD guru harus merencanakan tujuan pembelajaran, asesmen, dan

photo author
- Senin, 6 November 2023 | 11:30 WIB
Dalam merancang pembelajaran menggunakan prinsip UbD guru harus merencanakan tujuan pembelajaran, asesmen, dan kegiatan pembelajaran. Jelaskan hubungan ketiga komponen tersebut, lalu kemukakan pendapatmu jika salah satu komponen tidak termuat dalam perencanaan pembelajaran. (Freepik.com/vectorjuice)
Dalam merancang pembelajaran menggunakan prinsip UbD guru harus merencanakan tujuan pembelajaran, asesmen, dan kegiatan pembelajaran. Jelaskan hubungan ketiga komponen tersebut, lalu kemukakan pendapatmu jika salah satu komponen tidak termuat dalam perencanaan pembelajaran. (Freepik.com/vectorjuice)

ASPIRASIKU - Dalam merancang pembelajaran menggunakan prinsip UbD guru harus merencanakan tujuan pembelajaran, asesmen, dan kegiatan pembelajaran.

Jelaskan hubungan ketiga komponen tersebut, lalu kemukakan pendapatmu jika salah satu komponen tidak termuat dalam perencanaan pembelajaran.

Ini adalah bentuk jawaban dari pertanyaan di atas, tentang dalam merancang pembelajaran menggunakan prinsip UbD guru harus merencanakan tujuan pembelajaran, asesmen, dan kegiatan pembelajaran?

Baca Juga: Apa Arti Penting Hukum dalam Mewujudkan Keadilan? Ini Alasan dan Penjelasan Lengkapnya

Jadi yang bisa dijelaskan terkait hubungan ketiga komponen tersebut, lalu kemukakan pendapat jika salah satu komponen tidak termuat dalam perencanaan pembelajaran, adalah sebagai berikut:

Ketiga komponen utama dalam perencanaan pembelajaran berdasarkan prinsip UbD (Understanding by Design) adalah tujuan pembelajaran, asesmen, dan kegiatan pembelajaran.

Hubungan antara ketiga komponen ini adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Cuma Punya 2 Mobil, Harta Kekayaan Bahlil Lahadalia Bikin Ngiler, Tanah Dimana-mana dan Punya Kas Sebanyak Ini

1. Tujuan Pembelajaran (Learning Goals/Objectives):

Tujuan pembelajaran adalah pernyataan yang menjelaskan apa yang diharapkan peserta didik pelajari dan kuasai setelah selesainya pembelajaran.

Tujuan ini seharusnya mencakup inti pemahaman dan keterampilan yang ingin dicapai oleh peserta didik.

2. Asesmen (Assessment):

Asesmen adalah proses untuk mengukur sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran.

Baca Juga: Mengapa Perang Dingin Identik dengan Perkembangan Ideologi, Ini Alasan dan Penjelasannya

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Yoga Pratama

Sumber: Tim Pendidikan Aspirasiku

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X