• Rabu, 26 Januari 2022

Catat! Perusahaan yang Bayar Upah Dibawah Upah Minimum Kena Sanksi, Pahami Kriterianya Berikut Ini

- Jumat, 19 November 2021 | 11:00 WIB
ILUSTRASI Kenaikan Upah Minimum Kerja Kecil? Penjelasan Terkait UMK (Pixabay/EmAji)
ILUSTRASI Kenaikan Upah Minimum Kerja Kecil? Penjelasan Terkait UMK (Pixabay/EmAji)

ASPIRASIKU - Penetapan Upah Minimum Kabupaten atau UMK dan Upah Minimum Provinsi (UMP) mulai berlangsung menghasilkan keputusan.

Pro dan kontra penetapan UMK dan UMP pasti akan ada, baik karena kecewa yang kenaikannya kecil, maupun ada yang sama-sama ikhlas karena sudah sesuai.

Namun bagaimana penjelasan dari Kementerian Ketenagakerjaan terkait UMK ini? Benarkah UMK ini berlaku untuk semua pekerja atau seperti apa?

Baca Juga: Amanda Semakin Gila, Ini Ulah Cinta! Terpaksa Menikahi Tuan Muda 19 November 2021 Full Episode

Dijelaskan oleh Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos), Kemnaker, Indah Anggoro Putri, Upah Minium (UM) hanya untuk pekerja atau buruh kurang dari 1 tahun.

Jadi, pemberlakuan UM tersebut hanya untuk pekerja atau buruh dengan masa kerja kurang dari 1 tahun pada perusahaan yang bersangkutan.

Sementara untuk para pekerja atau buruh di atas 1 tahun, pengupahannya berlaku dengan menggunakan struktur dan skala upah.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tes Awal dan Tes Akhir Ayo Guru Belajar Seri Semangat Guru

"Upah Minimum adalah upah terendah yang ditetapkan oleh pemerintah yang berlaku bagi pekerja/buruh dengan masa kerja kurang dari 1 (satu) tahun pada perusahaan yang bersangkutan," kata Dirjen Putri di Jakarta dikutip Aspirasiku dari instagram kemnaker.

Halaman:

Editor: Yoga Pratama

Sumber: Kemnaker

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X