Jakarta, ASPIRASIKU – JJC Rumah Jahit, sebuah bisnis jahit rumahan yang dirintis di Jakarta Utara, kini telah berkembang pesat menjadi rumah produksi fashion berorientasi ekspor dengan omzet miliaran rupiah.
Dikelola oleh Jihan Astriningtrias, usaha ini tidak hanya menghadirkan koleksi busana wanita yang memadukan tradisi dan desain modern, tetapi juga membuka ruang pemberdayaan perempuan di sekitarnya.
“Rebranding yang kami lakukan pada Desember 2023 menjadi titik balik penting bagi JJC Rumah Jahit. Langkah ini kami ambil agar usaha dapat berkembang dan tetap relevan serta menjawab kebutuhan konsumen sekaligus mendukung perempuan untuk tetap percaya diri dalam setiap aktivitasnya,” ujar Jihan.
Transformasi besar juga tercermin dari koleksi ready-to-wear terbaru mereka, “Eunoia Jakarta,” yang diperkenalkan pada 2025.
Koleksi outerwear ini didesain khusus untuk perempuan aktif dengan gaya unik.
Terinspirasi dari dinamika kehidupan ibu kota Jakarta, Eunoia Jakarta memadukan kain tenun dan perca dengan detail bordir yang menggabungkan seni tradisional dengan sentuhan modern.
Di sisi produksi, Jihan menekankan pemberdayaan perempuan sebagai pilar utama usahanya.
Baca Juga: AGGRE CAPITAL Berkolaborasi dengan BPR DEPO MITRA MANDIRI dalam Menumbuhkan Sektor UMKM
“Kami melibatkan ibu rumah tangga di sekitar lingkungan usaha untuk belajar berbagai keterampilan fesyen, mulai dari pemotongan pola hingga finishing. Saat ini, sekitar 80% pekerja di butik rumahan kami adalah perempuan,” jelasnya.
Kesuksesan JJC Rumah Jahit tidak terlepas dari dukungan BRI.
Sejak 2024, JJC Rumah Jahit tergabung dalam program Rumah BUMN BRI Jakarta yang memberikan akses pelatihan online gratis serta berbagai kesempatan pitching dan pameran.
“Banyak manfaat yang kami peroleh dari program ini, terutama pelatihan online yang diadakan setiap hari dan bisa diikuti oleh seluruh anggota grup,” tambah Jihan.
Baca Juga: Lowongan Kerja Bawaslu Kabupaten Klaten, Ada 2 Posisi yang Dibuka