• Kamis, 11 Agustus 2022

Universitas Lampung Ajarkan Masyarakat Lampung Timur Literasi Informasi dan Dongeng Sain untuk Tanggap Bencana

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 10:05 WIB
Universitas Lampung Ajarkan Masyarakat Lampung Timur Literasi Informasi dan Dongeng Sain untuk Tanggap Bencana (Dok. Unila)
Universitas Lampung Ajarkan Masyarakat Lampung Timur Literasi Informasi dan Dongeng Sain untuk Tanggap Bencana (Dok. Unila)

ASPIRASIKU - Bencana akan selalu melibatkan masyarakat. Sehingga, masyarakat diharapkan tidak hanya menjadi objek dari bencana alam, atau dalam hal ini disebut korban.

Seperti yang disampaikan Andi Windah, S.I.Kom., MComn&MediaSt, Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat Desa Binaan Universitas Lampung.

Didampingi anggota lainnya, Renti Oktaria, S.Pd.I., M.Pd., Dr. Purwanto Putra, S.Hum., M.Hum., Dr. Ir. Nandi Haerudin, M.Si, Andin Windah mengatakan, riset-riset kontemporer menunjukkan bahwa masyarakat tidak hanya melaksanakan “strategy of survival” ketika bencana terjadi.

Baca Juga: Daftar 15 Ide Lomba yang Lucu untuk 17 Agustus 2022 dalam Memperingati Hari Kemerdekaan Indoinesia ke-77

Namun juga melakukan tindakan-tindakan preventif yang ditujukan untuk menghindari bencana atau lebih tepatnya mengurangi dampak bencana.

"Sosok guru di sekolah maupun di masyarakat masih memiliki peran penting sebagai garda terdepan untuk mentransformasikan pengetahuan dan teknologi kepada peserta didik, orang tua dan masyarakat di sekitarnya (Yusuf, 2017)," kata dia.

Maka tidak diragukan lagi bahwa pengabdian ini dirasa sangatlah penting untuk mengajak seluruh elemen guru PAUD di Desa Rajabasa Lama, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur menjadi relawan dalam konteks peningkatan kemampuan Literasi informasi melalui pelatihan Literasi kebencanaan dan mitigasi bencana.

Baca Juga: Honda Scoopy Vs Honda Genio: Perbandingan Harga dan Spesifikasi, Sama Irit Namun Ada Perbedaan

"Pelatihan yang akan diberikan untuk para guru relawan di sana, nantinya bukan hanya dapat meningkatkan kemampuan Literasi informasi gurunya saja, namun juga membantu mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dalam menghadapi bencana," katanya.

Halaman:

Editor: Yoga Pratama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X