Evaluasi Seperti Apa yang Anda Berikan pada Peserta Didik untuk Menghasilkan Karya Pemikiran yang Kreatif?

photo author
- Sabtu, 29 Juni 2024 | 13:00 WIB
Evaluasi Seperti Apa yang Anda Berikan pada Peserta Didik untuk Menghasilkan Karya Pemikiran yang Kreatif (Pexels.com/RDNE Stock project)
Evaluasi Seperti Apa yang Anda Berikan pada Peserta Didik untuk Menghasilkan Karya Pemikiran yang Kreatif (Pexels.com/RDNE Stock project)

ASPIRASIKU - Evaluasi seperti apa yang anda berikan pada peserta didik untuk menghasilkan karya pemikiran yang kreatif?

Inilah penjelasan dan rincian evaluasi seperti apa yang seorang guru berikan pada peserta didik untuk menghasilkan karya pemikiran yang kreatif?

Untuk mendorong peserta didik menghasilkan karya pemikiran yang kreatif, seorang guru dapat memberikan evaluasi dengan karakteristik berikut:

Baca Juga: Bagaimana Pemahaman Saya Atas Pendekatan Inklusi Bisa Membuat Adaptasi yang Diperlukan oleh Peserta Didik untuk Dapat Belajar di Sekolah?

1. Berfokus pada proses, bukan hanya hasil akhir
2. Memberikan umpan balik konstruktif dan spesifik
3. Mendorong eksperimen dan pengambilan risiko
4. Menghargai keunikan dan orisinalitas ide
5. Menggunakan rubrik penilaian yang mencakup aspek kreativitas
6. Memberikan kesempatan untuk perbaikan dan iterasi

Berikut ini penjelasan lengkapnya evaluasi yang bisa diberikan kepada peserta didik untuk menghasilkan karya pemikiran yang kreatif.

Baca Juga: Maraknya Kasus Judi Online, Pemerintah Bentuk Satgas dan BRI Aktif Berantas Rekening Pelaku

1. Berfokus pada proses, bukan hanya hasil akhir:

Guru mengevaluasi bagaimana siswa mengembangkan ide mereka, mulai dari brainstorming hingga eksekusi.

Ini bisa melibatkan penilaian terhadap catatan, sketsa, atau prototipe awal. Tujuannya adalah menghargai upaya dan perkembangan pemikiran, bukan hanya produk akhir.

2. Memberikan umpan balik konstruktif dan spesifik:

Guru memberikan komentar yang detail tentang aspek-aspek karya yang inovatif, serta area yang bisa ditingkatkan.

Baca Juga: Mengapa Kompetensi 'Mengetahui' dalam Numerasi Penting untuk Peserta Didik?

Misalnya, "Penggunaan warna yang tidak konvensional di bagian ini sangat menarik. Bagaimana jika kamu mengeksplorasi lebih lanjut teknik ini di bagian lain?"

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Yoga Pratama Aspirasiku

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X