Kisah Sukses AgenBRILink: Bantu Warga Terbebas dari Rentenir, Nilai Transaksinya di Atas 100 Juta per Bulan

photo author
- Selasa, 3 Mei 2022 | 17:30 WIB
Foto : Ririn Ristiani. Kisah Sukses AgenBRILink: Bantu Warga Terbebas dari Rentenir, Nilai Transaksi di Atas 100 Juta per Bulan (BRI)
Foto : Ririn Ristiani. Kisah Sukses AgenBRILink: Bantu Warga Terbebas dari Rentenir, Nilai Transaksi di Atas 100 Juta per Bulan (BRI)

ASPIRASIKU – Menjadi AgenBRILink ternyata tak hanya memberikan peningkatan ekonomi bagi sang agen, tapi juga berdampak luas bagi masyarakat sekitar.

Itulah yang dialami oleh Ririn Ristiani, AgenBRILink di Desa Jatiroto, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sebagai Laku Pandai BRI, Ririn punya cita-cita yang luhur yaitu ingin membantu masyarakat di sekitarnya terbebas dari jerat rentenir.

Awalnya Ririn sama sekali tidak tahu apa itu AgenBRILink dan apa saja manfaat yang bisa didapat. Ia hanyalah nasabah BRI biasa yang pada empat tahun lalu mendapatkan kucuran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI sebesar Rp2 juta.

Dana KUR itu digunakan untuk menambah modal warung kopi dan makanan ringan serta usaha parkiran Umi Ririn miliknya.

Seiring berjalannya waktu, warung kopi milik Ririn yang berada di seberang pasar Jatiroto, Desa Jatiroto, Lumajang sering dijadikan titik kumpul Mantri BRI untuk menerima setoran kredit atau tabungan secara langsung dari nasabah di pasar dan sekitarnya.

Baca Juga: Uang THR Buat Main Judi Slot, Warga Jakarta Nekat Buat Laporan Palsu karena Takut Dimarah Istri

Namun, ketika Mantri BRI belum datang berkunjung seringkali nasabah menitipkan uang setoran kepada Ririn. Dari hal tersebut, Mantri BRI melihat sosok Ririn yang aktif berkomunikasi dengan nasabah lain serta mampu memegang amanah.

“Awalnya saya ini nasabah dan sering teman-teman mantri berkunjung ke toko saya. Mereka menganalisa karakter saya sebelum saya jadi agen. Mereka mengenal saya mungkin amanah karena banyaknya orang titip uang setoran BRI ke saya. Setiap hari. Akhirnya Januari 2020 saya resmi jadi AgenBRILink,” ujar Ririn menuturkan kisahnya.

Dia mengenang, saat itu para Mantri BRI menjadikan warungnya sebagai titik kumpul karena kebetulan toko Ririn berada tepat di depan pasar. Banyak pedagang di sana memanfaatkan fasilitas kredit dari BRI.

Selain itu para Mantri BRI memfasilitasi warga yang ingin menabung.
Namun, semenjak program KeCe (Kredit Cepat) dihadirkan BRI, ada mantri yang melihat Ririn sebagai sosok yang tepat untuk turut serta memasarkan produk tersebut.

Pertimbangannya, selain tokonya berada di depan pasar, Ririn pun tak segan melakukan sosialisasi dengan warga sekitar. Bahkan memfasilitasi warga untuk berkumpul saat mengenalkan KeCe.

Baca Juga: Apa Niat Puasa Enam di Bulan Syawal? Ini Penjelasan Mengenai Cara Melaksanakan Puasa Enam

Ririn pun sangat bersemangat. Motivasi itu datang dari sang suami yang mendukungnya dan menemaninya menjadi agen laku pandai BRI.

Selain itu, Ririn berhasrat membantu warga karena banyak yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19.

“Saya ingin jadi agen karena ada produk KeCe dan ingin bermanfaat untuk warga sekitar. Dari pada warga sekitar ini pinjam ke rentenir dengan kondisi ekonomi yang sangat turun, dengan dampak Covid otomatis ekonomi di sini goyang. Karena di Jatiroto hanya ada satu bank yaitu BRI. Saya ingin memanfaatkan ini, sehingga BRI dan warga saling mengenal. Bahwa BRI bisa membantu warga sekitar untuk memfasilitasi pinjaman,” kata dia penuh optimisme.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Tampan Fernando

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X