Kapan World Car Free Day 2022? Bagaimana Kegiatannya? Apa Saja Manfaat dan Hubungannya dengan Lingkungan?

- Minggu, 18 September 2022 | 17:30 WIB
Ilustrasi : Kapan World Car-Free Day 2022? Bagaimana Kegiatannya? Apa Saja Manfaat dan Hubungannya dengan Lingkungan? (Tangkap Layar/YouTube UN Environment Programme)
Ilustrasi : Kapan World Car-Free Day 2022? Bagaimana Kegiatannya? Apa Saja Manfaat dan Hubungannya dengan Lingkungan? (Tangkap Layar/YouTube UN Environment Programme)

ASPIRASIKU – Istilah Car Free Day atau Hari Bebas Mobil/ Kendaraan Bermotor tentu sudah tak asing. Ternyata ada hari resminya yang disebut World Car-Free Day.

Berdasarkan website resmi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Program Lingkungan atau United Nations Environment Programme (UNEP), World Car Free Day diperingati setiap tanggal 22 September.

Berbeda dengan World Car Free Day yang diperingati pada 22 September 2022, Car-Free Day di Jakarta telah dilaksanakan pada 10 Juli 2022 bertepatan dengan hari libur Idul Adha.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U 20 vs Vietnam U 20 di Kualifikasi Piala Asia U-20

Adanya World Car Free Day mendorong para pengendara untuk meninggalkan mobil selama sehari. Dengan bebas mobil, jalanan menjadi lengang sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain yang bermanfaat.

Kegiatan Car Free Day di Berbagai Negara

Dilansir Aspirasiku dari website resmi UNEP, perayaan Car Free Day cukup bervariasi di berbagai belahan dunia.

Mulai dari balapan kendaraan bertenaga energi alternatif di Budapest, berkuda di São Paulo, piknik jalanan di Wina, hingga lari bersama di Jakarta.

Setiap tahun dari 16 hingga 22 September, kota-kota di Eropa menunjukkan komitmen mereka terhadap transportasi perkotaan yang bersih dan berkelanjutan selama #MobilityWeek.

Baca Juga: Ikatan Cinta Malam Ini: USAI Pastikan Ricky Membusuk, Kini Aldebaran Incar Elsa Temani Kekasihnya di Penjara

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: unep.org

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Sejarah di Balik Peringatan Hari AIDS Sedunia

Selasa, 29 November 2022 | 20:52 WIB
X