Cedera Kepala Bisa Sebabkan Alzheimer? Ketahui Beberapa Penyebab dan Faktor Risiko Kondisi Alzheimer

- Rabu, 21 September 2022 | 20:00 WIB
Ini penjelasan mengenai penyebab dan beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan kemungkinan seseorang mengalami kondisi Alzheimer. (Youtube/@Alzheimer Indonesia)
Ini penjelasan mengenai penyebab dan beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan kemungkinan seseorang mengalami kondisi Alzheimer. (Youtube/@Alzheimer Indonesia)

ASPIRASIKU – Penyebab penyakit alzheimer sebenarnya sampai saat ini masih menjadi perdebatan di kalangan ahli kesehatan dan ilmuwan lantaran masih belum diketahui secara pasti.

Akan tetapi, beberapa ilmuwan menduga bahwa ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kemungkinan seseorang mengalami kondisi Alzheimer ini.

Diketahui bahwa Alzheimer sendiri merupakan penyakit di mana seseorang akan mengalami kerusakan pada sel-sel otak, serta mengurangi jumlah sel aktif jika dibandingkan dengan kondisi normal.

Baca Juga: Alhamdulillah Penghapusan Listrik Daya 450 VA dan Perubahan ke 900 VA Tidak Benar, Ini Kata Presiden Jokowi

Kondisi tersebut akan menyebabkan sel otak mati sehingga ukuran otak pun akan semakin menyusut.

Menurut hasil penelitian ilmuwan yang disebut dengan hipotesis Amyloid, menjelaskan bahwa terdapat dua jenis protein abnormal yang mungkin berperan dalam perkembangan penyakit Alzheimer.

1. Protein Amiloid

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 21 September 2022: Yes! Andin Siuman, Aldebaran Ajak Liburan Ke Bali, Honeymoon Part 2

Protein Amiloid adalah pecahan dari protein yang lebih besar. Jika protein ini mengalami penggumpalan dan menyatu atau menjadi plak amiloid (amyloid plaque), maka protein ini akan menjadi beracun.

Halaman:

Editor: Mitra Wibowo

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X