Ingin Jadi Penerima PIP 2023? Bukan Hanya NISN dan NIK, Ini Daftar Data Variabel untuk Usulan ke Dapodik

- Senin, 23 Januari 2023 | 19:45 WIB
Ingin Jadi Penerima PIP 2023? Bukan Hanya NISN dan NIK, Ini Daftar Data Variabel untuk Usulan ke Dapodik (tangkap layar pip.kemdikbud.go.id)
Ingin Jadi Penerima PIP 2023? Bukan Hanya NISN dan NIK, Ini Daftar Data Variabel untuk Usulan ke Dapodik (tangkap layar pip.kemdikbud.go.id)

ASPIRASIKU – Menjadi penerima PIP 2023 mungkin dibutuhkan oleh beberapa orang, demi keberlangsungan pendidikan anak-anak mereka.

Program Indonesia PIntar atau yang biasa dikenal dengan PIP, memiliki sasaran anak-anak usia sekolah mulai dari umur 6-21 tahun, yang berasal dari keluarga tidak mampu.

PIP 2023 dicanangkan bagi siswa usia sekolah, dan terbagi menjadi 2 tipe:

1. PIP Disdakmen untuk siswa sekolah jenjang SD, SMAP, SMA, dan SMK
2. PIP Kuliah untuk mahasiswa perguruan tinggi

Namun, dari kedua tipe PIP ini memiliki tujuan yang sama. Bentuk bantuan dari PIP ini bermacam-macam.

Baca Juga: PIP 2023 Kapan Cair? Ini Alur Pendaftaran, Cara Cek Penerima dan Total Dana Bantuan untuk SD, SMP dan SMA

Dikutip Aspirasiku melalui pip.kemdikbud.go.id pada Senin, 23 Januari 2023, bantuan tersebut mulai dari uang tunai, perluasan akses belajar, hingga kesempatan belajar dari pemerintah Indonesia melalui KIP (Kartu Indonesia Pintar).

Besaran bantuan tunai untuk siswa dengan jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK ini juga beragam.

Untuk siswa SD/sederajat mendapat Rp450.000 rupiah per semester, siswa SMP/sederajat mendapat Rp750.000 rupiah per semester, dan untuk siswa SMA/SMK/sederajat mendapat Rp1.000.000 rupiah per semester.

Akan tetapi, sebelum melakukan pengajuan sebagai penerima PIP, calon penerima harus melengkapi data-data variabel sebagai bahan usulan ke Dapodik terlebih dahulu.

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: pip.kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X