Merawat Tradisi Demi Bumi yang Lestari, Kemendikbudristek Gelar peragaan Tenun Nusantara KABAKIL

- Senin, 5 Desember 2022 | 17:45 WIB
Menjaga dan Merawat Tradisi Demi Bumi yang Lestari, Kemendikbudristek Gelar peragaan Tenun Nusantara “KABAKIL” (instagram.com/pusbangfilm)
Menjaga dan Merawat Tradisi Demi Bumi yang Lestari, Kemendikbudristek Gelar peragaan Tenun Nusantara “KABAKIL” (instagram.com/pusbangfilm)

ASPIRASIKU - Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan kegiatan “Tenun Nusantara: Menjaga Tradisi untuk Bumi Lestari”.

Kegiatan pagelaran fesyen dan pameran tenun ini digelar di kawasan Candi Borobudur pada 2 Desember 2022 di Magelang, dengan menggandeng desainer kawakan yakni Edward Hutabarat.

Edward Hutabarat yang telah malang melintang dan dikenal sebagai sosok dengan kepakaran wastra Nusantara ini sukses menggelar presentasi karyanya yang mengangkat eksplorasi kain tenun Nusantara khas Sumba.

Baca Juga: Tayang Hari Ini! Jangan Bercerai Bunda Siap Menghubur Penggemarnya, Berikut Jadwal RCTI 5 Desember 2022

Koleksi tenun yang ditampilkan pada pagelaran peragaan Tenun Nusantara: Menjaga Tradisi untuk Bumi Lestari KABAKIL ini merupakan hasil dari kerja sama Edward Hutabarat dengan para artisan lokal yang begitu menginspirasinya sejak ia melakukan perjalanan ke tanah Sumba, sekitar 20 tahun yang lampau.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Hilmar Farid, menyebutkan bahwa kegiatan fashion show adalah kegiatan yang penting dan baik untuk mengangkat dan mengampanyekan kearifan lokal dengan kekinian.

Menurut Hilmar, sapaan akrab untuk Dirjen Kebudayaan, Kemedikbudristek ini sangat penting hasil karya Edward ditampilkan. Terlebih hasil karyanya mengangkat budaya dan hasil karya Nusantara, salah satunya Sumba.

"Yang beda dari fashion show kali ini karena mengangkat hasil karya kerajinan Nusantara. Bahkan cuaca pun tidak menjadi halangan dalam pelaksanaan ini.

Iya, walaupun penyelenggaraan peragaan Tenun Nusantara: Menjaga Tradisi untuk Bumi Lestari KABAKIL diwarnai hujan yang menerpa Kawasan Candi Borobudur namun kita tetap jalan karena antusias dari seluruh pendukung acara," ungkap Hilmar.

Baca Juga: Jangan Lakukan Aksi Ini di Tahun 2023 Jika Tidak Mau Berurusan dengan Anjloknya Keuangan

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: Kemendikbudristek

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X