• Sabtu, 24 September 2022

Marxisme di Indonesia Menjadi Haluan Soekarno dan Partai Komunis Indonesia

- Kamis, 22 September 2022 | 10:30 WIB
Berikut Marxisme di Indonesia Menjadi Haluan Soekarno dan Partai Komunis Indonesia ((12138562/ Pixabay))
Berikut Marxisme di Indonesia Menjadi Haluan Soekarno dan Partai Komunis Indonesia ((12138562/ Pixabay))

ASPIRASIKU - Marxisme merupakan sebuah paham dasar tentang sudut pandang pemikiran Karl Marx yang menjadi teori dasar dari Komunisme modern.

Teori Marxisme diawali oleh Marx yang berasal dari Jerman, menjadi sebuah teori yang berkaitan tentang sistem ekonomi, sosial, dan politik dan berpengaruh di dunia.

Karl Marx melihaat sebuah sudut pandang di kehidupan ekonomi sosial kehiduapn para kaum kelas bawah mendapat ketidak seimbang dalam kehidupan oleh kaum kelas atas.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Jumat, 23 September 2022 GTV, NET TV, dan MNCTV: Saksikan! SpongeBob SquarePants Movie

Marx sediri melihat bahwa kaum kelas atas atau Kapitaslisme memanfaatkan para kaum kelas bawah dan tidak mendapat sebuah keadilan sosial.

Diman di era itu para kaum menengah bawah hidup di daerah kumuh dan para kapital menikmati hasil dan semakin kaya atas pengorbanan para kaum kelas bawah.

Hal ini yang membuat Marx menuai sebuah paham komunisme untuk menyejahterakan kaum kelas bawah dan tidak ada pandang tentang sebuah jenjangan kasta atau kelas Kehidupan.

Baca Juga: Ikatan Cinta 22 September 2022: Mencengangkan! Ternyata Ini Dalang Dibalik Kebakaran Workshop Nino di Malang

Karl Marx juga berpendapat bahwa paham kapitalisme perlu diganti dengan paham komunisme, dikarenakan kaum kelas bawah akan memberontak dan menuntut keadilan.

Halaman:

Editor: Adi Gunawan

Sumber: Berbagi Sumber, Manifesto Komunis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X