• Senin, 27 Juni 2022

Biografi Singkat Radjiman Wedyodiningrat, Sosok di Balik Lahirnya Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei

- Selasa, 24 Mei 2022 | 12:55 WIB
Biografi Singkat Radjiman Wedyodiningrat, Sosok Dibalik Lahirnya Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei.  (tangkap layar Youtube Xcite_ Elite_)
Biografi Singkat Radjiman Wedyodiningrat, Sosok Dibalik Lahirnya Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei. (tangkap layar Youtube Xcite_ Elite_)

ASPIRASIKU – Memasuki akhir Mei 2022, maka akan dijumpai tanggal 29 Mei yang menandakan datangnya Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN).

Hari Lanjut Usia Nasional ini mulai diperingati sejak tahun 1996 atas usulan dari presiden ke-2 Indonesia yaitu Soeharto.

Namun, banyak orang mungkin bertanya-tanya bagaimana awal mula Hari Lanjut Usia Nasional ini muncul? Serta atas dasar apakah Hari Lanjut Usia Nasional ini dicanangkan?

Untuk menjawab dua pertanyaan di atas, maka jawabannya adalah dengan mengenal sosok Radjiman Wedyodiningrat, karena beliau adalah inspirasi dalam terciptanya Hari Lanjut Usia Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Mei.

Dilansir Aspirasiku dari berbagai sumber, berikut ini Biografi Singkat Radjiman Wedyodiningrat, Sosok Dibalik Lahirnya Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei

Baca Juga: Selamat, Pemeran Rendy Ikatan Cinta Ikbal Fauzi Resmi Jadi Ayah Dari Anak Pertamanya

1. Biografi Singkat Radjiman Wedyodiningrat
Nama Lengkap : Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat
Nama Singkat : Radjiman Wedyodiningrat
Tempat Lahir : Yogyakarta
Tanggal Lahir : 21 April 1879
Meninggal : 20 September 1952 (usia 73 tahun)
Pendidikan : Universitas Amsterdam (1910), School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (1903-1904)

Radjiman Wedyodiningrat merupakan salah satu tokoh penting pendiri Republik Indonesia, dengan perannya dalam badan BPUPKI juga dalam organisasi Budi Utomo.

Memiliki gelar dokter di usianya yang baru memasuki 20 tahun, serta berhasil mendapat gelar Master of Art pada usia 24 tahun, menunjukkan jika Radjiman merupakan sosok yang cerdas dan bersemangat.

Baca Juga: Ikatan Cinta 24 Mei 2022 : Mengejutkan! Elsa Syok Membaca Surat dari Mama Rosa, Ternyata Begini Isinya

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X