• Rabu, 26 Januari 2022

Sejarah, Tujuan, Logo, dan Tema Hari Gizi Nasional 25 Januari 2022 dari Kementerian Kesehatan Indonesia

- Rabu, 12 Januari 2022 | 19:15 WIB
Sejarah, Tujuan, Logo, dan Tema Hari Gizi Nasional 25 Januari 2022 dari Kementerian Kesehatan Indonesia. (kemkes.go.id)
Sejarah, Tujuan, Logo, dan Tema Hari Gizi Nasional 25 Januari 2022 dari Kementerian Kesehatan Indonesia. (kemkes.go.id)

ASPIRASIKUHari Gizi Nasional (HGN) diperingati setiap tahun, termasuk di tahun 2022. Berikut ini adalah sejarah, logo, dan tema Hari Gizi Nasional 25 Januari 2022.

Tanggal Hari Gizi Nasional ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemkes RI). Logo dan tema setiap tahunnya juga ditetapkan oleh Kemkes RI.

Penentuan Hari Gizi Nasional dilatarbelakangi oleh upaya perbaikan gizi masyarakat yang telah dimulai sejak tahun 1950. Saat itu masih dalam masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Baca Juga: Covid-19 Akan Berubah Status dari Pandemi Jadi Endemik, Ahli Epidemiologi: Masyarakat Butuh Vaksin Tahunan

Menteri Kesehatan pada masa itu, Dokter J. Leimena, menaruh perhatian besar bagi perbaikan gizi rakyat Indonesia. Oleh karena itu, ia mendirikan Lembaga Makanan Rakyat (LMR) dan menunjuk Prof. Poorwo Soedarmo (Guru Besar Ilmu Gizi pertama di Universitas Indonesia) sebagai ketuanya.

Suasana kolonialisme masih terasa pada tahun 1950, sehingga LMR lebih dikenal dengan nama Institut Voor Volksvoeding (IVV) yang merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan/ Lembaga Eijckman.

Salah satu program dari LMR/IVV adalah mengkader tenaga gizi Indonesia. Pogram ini diwujudkan dengan mendirikan Sekolah Juru Penerang Makanan pada tanggal 25 Januari 1951.

Baca Juga: Kabar Baik! Para Ahli Meyakini Pandemi Covid-19 Mereda Dalam Beberapa Bulan ke Depan, Ini Alasannya

Peristiwa inilah yang mendasari penetapan tanggal Hari Gizi Nasional, yaitu tanggal 25 Januari. Atas perannya ini, Prof. Poorwo Soedarmo dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia.

Halaman:

Editor: Adi Gunawan

Sumber: Kemkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X