• Kamis, 11 Agustus 2022

Bacaan yang Harus Dihafal saat Idul Adha: Lafadz Takbir Hari Raya, Niat Sholat Id, dan Dzikir Antara Takbir

- Jumat, 24 Juni 2022 | 19:45 WIB
Bacaan yang Harus di Hafal saat Idul Adha: Lafadz Takbir Hari Raya, Niat Sholat Id, dan Dzikir Antara Takbir (freepik.com)
Bacaan yang Harus di Hafal saat Idul Adha: Lafadz Takbir Hari Raya, Niat Sholat Id, dan Dzikir Antara Takbir (freepik.com)

ASPIRASIKU – Idul Adha merupakan hari raya umat Islam yang berkaitan dengan kurban hewan ternak, seperti kambing, sapi/kerbau, dan unta.

Hari raya Idul Adha bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijah tahun Hijriyah. Tahun ini, bertepatan dengan tanggal 10 Juli 2022.

Nama Idul Adha diambil dari bahasa Arab, yaitu “Id” yang artinya kembali dan “Adha” yang merupakan jamak dari kata “udhiya” yang berarti hewan ternak yang disembeli pada hari nahr (Idul Adha).

Saat tiba hari raya, kita disunnahkan untuk bertakbir dan melaksanakan sholat sunnah Ied. Pada Idul Adha, umat Islam juga disunnahkan berkurban dengan binatang ternak bagi yang mampu.

Pada Idul Fitri, sunnah membaca takbir ini dimulai sejak malam setelah genap bulan Ramadhan hingga Ashr di hari Idul Fitri.

Sementara itu, sunnah membaca takbir saat Idul Adha dimulai sejak selesai sholat Subuh tanggal 9 Dzulhijah (hari Arafah) dan berakhir pada Ashr tanggal 13 Dzulhijah (akhir hari Tasyrik) (Muttafaq ‘Alaih).

Baca Juga: BRI Group Jalin Kerja Sama dengan Start Up Broom untuk Majukan Industri Otomotif Nasional

Sunnah membaca takbir pada hari raya Idul Adha dilaksanakan selama empat hari. Kesunnahan ini berlaku untuk semua orang Islam, tak terkecuali wanita haid/nifas dan anak-anak.

Adapun bacaan takbir yang dimaksud disandarkan pada Ibnu Mas’ud, Umar bin Khattab, dan Ali bin Abi Thalib r.a. yaitu

اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: buku Shalat Sesuai Tuntunan Nabi SAW

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X