• Kamis, 11 Agustus 2022

Tata Cara Sholat Idul Adha Lengkap dengan Bacaan Niat dan Tasbih Antara Takbir tiap Rakaat Sesuai Kemenag

- Jumat, 24 Juni 2022 | 18:15 WIB
Tata Cara Sholat Idul Adha Lengkap dengan Bacaan Niat dan Tasbih Antara Takbir tiap Rakaat Sesuai Kemenag (freepik.com)
Tata Cara Sholat Idul Adha Lengkap dengan Bacaan Niat dan Tasbih Antara Takbir tiap Rakaat Sesuai Kemenag (freepik.com)

ASPIRASIKU – Sholat Idul Adha merupakan shalat sunnah saat hari raya kurban bagi umat Islam, tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijah tahun Hijriyah.

Waktu pelaksanaan Sholat Idul Adha yaitu sejak matahari terbit hingga tergelincirnya matahari di tanggal 10 Dzulhijah.

Sebelum Sholat Idul Adha, disunnahkan untuk memperbanyak membaca takbir (Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar wa Lillaahil Hamd).

Kesunnahan membaca takbir ini sudah dimulai sejak setelah shalat Subuh tanggal 9 Dzulhijah (hari ‘Arafah) hingga shalat Ashr tanggal 13 Dzulhijah (akhir hari Tasyrik).

Pelaksanaan Sholat Idul Adha disunnahkan untuk berjamaah di lapangan, kecuali jika hujan, sebagaimana yang dilakukan Nabi Muhammad saw. bersama para sahabat.

Dalam Sholat Idul Adha, tidak didahului adzan dan iqamah terlebih dahulu. Setelah shalat kemudian dilanjutkan dengan khutbah Idul Adha (Muttafaq ‘Alaih).

Sebagaimana sholat Idul Fitri, jumlah rakaat Sholat Idul Adha adalah dua rakaat. Rakaat pertama dibuka dengan tujuh takbir setelah takbiratul ihram. Sedangkan rakaat kedua dibuka lima takbir setelah takbir intiqal.

Baca Juga: Sinopsis Melur untuk Firdaus Episode 18: Melur Hamil, Ini Reaksi Ayah Firdaus

Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW : 
“Takbir di hari raya fitri tujuh (takbir) pada (rakaat) pertama dan lima (takbir) pada (rakaat) yang akhir, dan bacaan (Al Fatihah) sesudah kedua-duanya.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad, Al Daruquthni, dan Al Baihaqi)

Adapun tata cara shalat Idul Adha sebagaimana tuntunan dari Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia adalah sebagai berikut.

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: kemenag.go.id, buku Shalat Sesuai Tuntunan Nabi SAW, kepri.kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X