Khutbah Jumat Idul Adha 1443 H, Mengukur Perbuatan Ikhlas

- Jumat, 24 Juni 2022 | 11:00 WIB
Inilah khutbah Jumat Idul Ahda 1443 H yang mengangkat tema tentang mengukur perbuatan ikhlas. (pexels/ cottonbro)
Inilah khutbah Jumat Idul Ahda 1443 H yang mengangkat tema tentang mengukur perbuatan ikhlas. (pexels/ cottonbro)

ASPIRASIKU – Inilah khutbah Jumat Idul Adha 1443 H dengan tema ‘Mengukur Perbuatan Ikhlas’. Ikhlas merupakan sebuah kata yang sangat mudah diucapkan akan tetapi sulit untuk diaplikasikan.

Hari Raya Idul Adha ini kita seperti dihadapkan kembali dengan kisah Nabi Ibrahim yang dengan ikhlas melaksanakan perintah Allah untuk menyembelih anaknya, Ismail. Dalam khutbah Jumat Idul Adha kali ini akan dijabarkan kembali mengenai makna keikhlasan yang sesungguhnya.

Naskah khutbah Jumat Idul Adha ini bisa digunakan oleh para khotib sebagai bahan referensi. Dengan tujuan para jamaah sholat Jumat dapat melajar mengenai keikhlasan dan dapat meneladani keikhlasan Nabi Ibarahim.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Toxic yang Sering Dianggap Normal, Duh!

Hari Raya Idul Adha bukan hanya persoalan kurban atau tidak kurban, dan juga haji atau tidak haji. Akan tetapi makna Idul Adha jauh dari pada itu, bagaimana para Jamaah bisa memaknai bahwa segala ibadah sepatutnya hanya mengharapkan keridhaan dari Allah.

Pada naskah khutbah Jumat Idul Adha kali ini akan pula dibahas mengenai kebalikan dari kata ikhlas, yakni Riya’. Riya adalah jika kita melakukan sesuatu tidak diniatkan kepada Allah, melainkan agar dilihat dan dipandang baik oleh manusia.

Untuk mengetahui dan mengukur perbuatan ikhlas, simaklah ulasan selengkapnya dalam khutbah Jumat Idul Adha 1443 H berikut ini.

اْلحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيْدًا أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّاللَّهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَقَالَ اللَّهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: يَآأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا اتَّقُوْا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ، وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

Segala puji bagi Allah pemilik langit dan bumi serta apa saja yang ada di antara keduanya. Dialah Allah yang mengetahui segala yang masuk kedalam bumi, dan apa yang keluar daripadanya.

Halaman:

Editor: Adi Gunawan

Sumber: suaramuhammadiyah.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Doa yang Perlu Kamu Ucapkan Setelah Salat Dhuha

Senin, 28 November 2022 | 20:00 WIB

Sebut Doa Ini Kala Dirimu Dapatkan Mimpi Baik

Rabu, 23 November 2022 | 05:20 WIB

Bacalah Ini Sewaktu Kamu Lupa Ucapkan Doa Sebelum Makan

Selasa, 22 November 2022 | 15:45 WIB

Amalkan Doa Ini Ketika Kamu Akan Bepergian

Kamis, 17 November 2022 | 15:00 WIB
X