• Kamis, 7 Juli 2022

Teks Khutbah Jumat Menyambut Idul Adha 1443 H : Empat Perbedaan Antara Kurban Wajib dan Sunnah

- Kamis, 23 Juni 2022 | 06:30 WIB
lustrasi foto. Khutbah Jumat untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H.  (pexels/Musa Zanoun)
lustrasi foto. Khutbah Jumat untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H.  (pexels/Musa Zanoun)

ASPIRASIKU – Berikut ini adalah naskah teks khutbah Jumat untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H. Tema yang akan dibahas adalah mengenai 4 perbedaan kurban yang wajib dan sunnah.

Sebelumnya, pada teks khutbah Jumat Idul Adha 1443 H ini akan dijabarkan terlebih dahulu mengenai pengertian kurban wajib dan kurban sunnah.

Karena pada hukum asal kurban adalah sunnah kifayah. Yang artinya jika di dalam satu keluarga atau di suatu lingkungan sudah ada yang melaksanakan kurban, maka kita tidak ada kewajiban untuk melakukan kurban.

Setelah menjabarkan pengertian kurban dalam khutbah Jumat untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H. Maka dijabarkan juga 4 perbedaan antara kurban wajib dan kurban sunnah.

Kategori 4 perbedaan itu dilihat dari hak mengonsumsi bagi pelaksana kurban, kadar yang wajib disedekahkan, penerima daging kurban, dan niatnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keempat perbedaan kurban wajib dan sunnah simaklah teks khutbah Jumat Idul Adha 1443 H berikut ini.

Selain itu, teks khutbah Jumat Idul Adha 1443 H ini juga dapat dijadikan bahan referensi oleh para khatib.

Materi khutbah ini sangat tepat untuk disampaikan kepada para jamaah agar para jamaah yang menyimaknya dapat memahami ilmu berkurban secara lengkap.

Baca Juga: 4 Aplikasi Edit Vidio Mudah Untuk Kamu Para Pemula Pengguna Android dan IOS

Berikut ini adalah teks khutbah Jumat untuk menyambut Idul Adha 1443 H dengan tema 4 perbedaan yang ada di dalam kurban wajib dan kurban sunnah.

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: islam.nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X