• Jumat, 7 Oktober 2022

Khutbah Jumat Idul Adha 1443 H : Memetik Hikmah dari Orang yang Gagal Naik Haji

- Rabu, 22 Juni 2022 | 20:40 WIB
Ilustrasi Foto Khutbah Jumat Idul Adha 24 Juni 2022.  (pexels/Pixabay)
Ilustrasi Foto Khutbah Jumat Idul Adha 24 Juni 2022.  (pexels/Pixabay)

ASPIRASIKU – Berikut ini adalah Khutbah Jumat Idul Adha 1443 H yang bisa dibawakan pada tanggal 24 Juni 2022.

Adapun tema Khutbah Jumat Idul Adha ini yaitu hikmah yang bisa dipetik dari kisah orang yang gagal naik haji.

Narasi dalam Khutbah Jumat Idul Adha disesuaikan dengan perayaan Idul Adha yang hampir tiba yaitu tanggal 9 Juli mendatang atau 10 Dzulhijjah 1442 H.

Para Jemaah Haji Indonesia juga sudah berangkat melakukan perjalanan haji ke tanah suci. Namun cerita tentang orang yang gagal naik haji setiap tahun ada saja yang terjadi. 

Kisah orang yang gagal naik haji yang akan diangkat untuk Khutbah Jumat Idul Adha ini adalah kisah tentang Abdulllah bin Mubarak. Ada sebuah alasan khusus yang membuat beliau gagal naik haji.

Banyak kisah tentang orang yang gagal naik haji, di antaranya karena adanya pembatasan sosial di masa pandemi, kena tipu dari agensi pemberangkatan haji atau karena sakit bahkan meninggal dunia.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta: GAWAT! Elsa dan Mama Sarah Bersekongkol Lakukan Rencana Ini Pada Reyna dan Andin

Akan tetapi kisah Abdullah bin Mubarak yang diangkat dalam kitab An-Nawâdir karya Syekh Syihabuddin Ahmad ibn Salamah al-Qulyu sungguh berbeda dan mengharukan.

Berikut ini adalah khutbah Jumat Idul Adha dengan tema ‘Memetik Hikmah dari Orang yang Gagal Naik Haji’. Simak ulasannya berikut ini.

الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ جَعَلَ فِي الْمَالِ حَقًّا لِلْفُقِيْرِ وَالمِسْكِيْنِ وَسَائِرِ اْلمُحْتَاجِيْنَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. اللّهُمَّ صَلّ وسّلِّمْ علَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمّدٍ وِعَلَى آلِه وأصْحَابِهِ هُدَاةِ الأَنَامِ في أَنْحَاءِ البِلاَدِ. أمَّا بعْدُ، فيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى بِفِعْلِ الطَّاعَاتِ فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ. فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ. إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: islam.nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Syarat Sah Sholat: Muslim Wajib Tau!

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:45 WIB

Amalkan Doa Ini di Hari Jumat, Pembuka Pintu Rezeki!

Kamis, 22 September 2022 | 20:15 WIB
X