• Rabu, 17 Agustus 2022

Bolehkan Qurban Sebelum Aqiqah? Begini Penjelasan Ustad Abdul Somad

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 16:45 WIB
Jawaban UAS soal bolehkah qurban sebelum aqiqah,  (pixabay.com/Quang Nguyen vinh)
Jawaban UAS soal bolehkah qurban sebelum aqiqah, (pixabay.com/Quang Nguyen vinh)


ASPIRASIKU – Bolehkan qurban sebelum aqiqah? Atau bolehkan seseorang melaksanakan ibadah aqiqah untuk dirinya sendiri?

Ketika ditanya tentang boleh tidaknya qurban sebelum aqiqah, Ustad Abdul Somad yang akrab disapa UAS menjawab seperti yang dilansir dari kanal YouTube Bujang Hijrah.

Dijelaskannya, bahwa  tidak ada hukum kain antara aqiqah dengan qurban. Artinya, aqiqah dan qurban adalah dua hal yang tidak bisa dihubungkan.

UAS menyebut hubungan aqiqah dan qurban bukan seperti sholat dan wudhu. Yang apabila tidak berwudhu tidak sah sholatnya.

Aqiqah dan qurban memang sama-sama dilakukan dengan menyembelih hewan, namun waktu pelaksanaan, hingga tanggung jawab pelaksanaannya sangat berbeda.

Aqiqah hukumnya bukanlah wajib. Empat mazhab sepakat bahwa hukum aqiqah adalah sunnah muakkad. Begitu juga dengan qurban.

Baca Juga: Puisi Ridwan Kamil untuk Sungai Aare Sebagai Tanda Keikhlasannya Atas Kepergian Eril

Sunnah muakkad lebih utama bila dikerjakan.

Yang menjadi perbedaannya adalah, aqiqah adalah tanggung jawab orang tua terhadap anaknya, sedangkan qurban adalah tanggung jawab seseorang terhadap dirinya sendiri.

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّيكُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تَذْ بَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

Halaman:

Editor: Tampan Fernando

Sumber: YouTube Bujang Hijrah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X